Electronic Resource
Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Saving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Lembata Universitas Kanjuruhan Malang
Kemampuan pemecahan masalah adalah suatu proses berpikir sebagai upaya dalam menemukan suatu masalah dan memecahkannya berdasarkan informasi yang tepat. Kenyataan banyak mahasiswa lembata yang masih banyak merasa kesulitan dalam menyelesaikan masalah disebabkan kurangnya kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keefektifan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa lembata di Universitas Kanjuruhan Malang.
Peneliti ini menggunakan rancangan pre-eksperimental design, design yang digunakan one group pre-test-post-test design. Subyek penelitian merupakan mahasiswa Lembata di Universitas Kanjuruhan Malang yang memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah rendah berjumlah 10 mahasiswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah skala kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang Wilcoxon dengan bantuan SPSS windows 16.0.
Hasil penelitianmenunjukkan dari data awal diperoleh 10 mahasiswa mengalami kemampuan pemecahan masalah dengan rata-rata berada di kategori 70,9 % dan setelah diberikan treatment mengalami peningkatan dengan rata-rata di kategori 122,4%. Hasil uji tes statistik uji Wilcoxon Zhitungadalah -2.805 dan sig (2-tailed) adalah 0,005. Jadi dari hasil uji Wilcoxon menunjukkan bahwa sig. (2-tailed) 0,005 < 0,05 artinya bimbingan kelompk dengan teknik problem solving efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa lembata di Universitas Kanjuruhan Malang. Dengan demikian bimbingan kelompok dengan teknik problem solving ini efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa, oleh sebab itu dapat dijadikan alternatif bagi praktisi bimbingan dan konseling dalam melaksanakan bimbingan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi peneliti lain dalam melakukan bimbingan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mahasiswa.
2131642/PB/2019 | KKI 371.4 LEU k/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain