Electronic Resource
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 2 Wagir Tahun Ajaran 2018/2019
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran dengan model PBL, Mengetahui peningkatan hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa melalui model PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan pokok bahasan Tekanan zat gas, Tekanan Hidrostatis, Hukum Archimedes, dan Hukum Paskal. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di kelas VIII-D SMP Negeri 2 Wagir. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 orang siswa.
Berdasarkan analisis keterlaksanaan pembelajaran model PBL pada siklus I sebsesar 77,14% tergolong dalam kualifikasi baik dan pada siklus II sebesar 89,19% tergolong dalam kualifikasi sangat baik. Analisis rata-rata hasil belajar pada ranah afektif siklus I sebesar 76% dikategorikan cukup baik, dan siklus II sebesar 99% dikategorikan sangat baik. Hasil belajar pada ranah kognitif Pra tindakan sebesar 61% dikategorikan kurang baik, siklus I sebesar 72% dikategorikan cukup baik dan siklus II sebesar 83% dikategorikan sangat baik. Hasil belajar pada ranah psikomotorik siklus I sebesar 79% dikategorikan baik dan siklus II sebesar 90% dikategorikan sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa SMP Negeri 2 Wagir.
2131134/SB/2019 | KKI 530 SEL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain