Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 2 Wagir Tahun Ajaran 2018/2019

Electronic Resource

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP Negeri 2 Wagir Tahun Ajaran 2018/2019

Yulia Sastri Selama - Nama Orang; Dr. Nurul Ain, M.Si - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S,Si.,M.Si.,M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran dengan model PBL, Mengetahui peningkatan hasil belajar afektif, kognitif, dan psikomotorik siswa melalui model PBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan pokok bahasan Tekanan zat gas, Tekanan Hidrostatis, Hukum Archimedes, dan Hukum Paskal. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 di kelas VIII-D SMP Negeri 2 Wagir. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 26 orang siswa.
Berdasarkan analisis keterlaksanaan pembelajaran model PBL pada siklus I sebsesar 77,14% tergolong dalam kualifikasi baik dan pada siklus II sebesar 89,19% tergolong dalam kualifikasi sangat baik. Analisis rata-rata hasil belajar pada ranah afektif siklus I sebesar 76% dikategorikan cukup baik, dan siklus II sebesar 99% dikategorikan sangat baik. Hasil belajar pada ranah kognitif Pra tindakan sebesar 61% dikategorikan kurang baik, siklus I sebesar 72% dikategorikan cukup baik dan siklus II sebesar 83% dikategorikan sangat baik. Hasil belajar pada ranah psikomotorik siklus I sebesar 79% dikategorikan baik dan siklus II sebesar 90% dikategorikan sangat baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa SMP Negeri 2 Wagir.


Ketersediaan
2131134/SB/2019KKI 530 SEL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 SEL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 188 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Problem Based Learning
Skripsi
Hasil Belajar Afektif
Kognitf
Psikomotorik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik