Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle Sepeda Pokok Bahasan Kalor Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VII SMP Angkasa Singosari

Electronic Resource

Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle Sepeda Pokok Bahasan Kalor Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VII SMP Angkasa Singosari

Viola Yanuaria Kase - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S,Si.,M.Si.,M.Pd - Nama Orang; Muhammad Nur Hudha, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E yang digunakan efektif meningkatkan Kemandirian dan penguasaan konsep siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Modul pembelajaran ini divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan ahli media, 1 guru SMP kemudian diuji cobakan pada 10 siswa kelas VII dan 23 siswa kelas VII SMP Angkasa Singosari. Data dikumpulkan dengan angket skala 4. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan modul dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E efektif dapat meningkatkan kemandirian dan penguasaan konsep siswa. kemandirian belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan skor 2,53. Sedangkan kemandirian belajar setelah menggunakan modul mengalami peningkatan yang dinilai oleh observer I dan II, memberikan respon Sangat Baik (SB) dengan rerata skor sebesar 3,58. Penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan modul lebih tinggi dibandingkan penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan penguasaan konsep sebelummenggunakan modul kemudian diberi tes memperoleh rerata nilai 73 dan setelah belajar menggunakan modul kemudian diberi tes memperoleh rerata nilai 90.


Ketersediaan
2130280/SB/2019KKI 530 KAS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 KAS p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 174 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Kemandirian belajar
Penguasaan Konsep
Skripsi
Learning Cycle sepeda
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik