Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Utama
  • Penghitung Jumlah Pelawat
  • Informasi
  • Help
  • Librarian
  • Area Ahli
  • Pilih Bahasa :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesia Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Carian Spesifik

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle Sepeda Pokok Bahasan Kalor Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VII SMP Angkasa Singosari

Electronic Resource

Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Learning Cycle Sepeda Pokok Bahasan Kalor Dan Perpindahannya Untuk Meningkatkan Kemandirian Dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas VII SMP Angkasa Singosari

Viola Yanuaria Kase - Nama Persendirian; Hena Dian Ayu, S,Si.,M.Si.,M.Pd - Nama Persendirian; Muhammad Nur Hudha, S.Pd., M.Pd - Nama Persendirian;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E yang digunakan efektif meningkatkan Kemandirian dan penguasaan konsep siswa. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development/R&D). Modul pembelajaran ini divalidasi oleh 1 orang ahli materi dan ahli media, 1 guru SMP kemudian diuji cobakan pada 10 siswa kelas VII dan 23 siswa kelas VII SMP Angkasa Singosari. Data dikumpulkan dengan angket skala 4. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan sebelum dan sesudah menggunakan modul dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis Learning Cycle 5E efektif dapat meningkatkan kemandirian dan penguasaan konsep siswa. kemandirian belajar siswa sebelum menggunakan modul dengan skor 2,53. Sedangkan kemandirian belajar setelah menggunakan modul mengalami peningkatan yang dinilai oleh observer I dan II, memberikan respon Sangat Baik (SB) dengan rerata skor sebesar 3,58. Penguasaan konsep siswa yang belajar menggunakan modul lebih tinggi dibandingkan penguasaan konsep siswa dengan pembelajaran konvensional. Peningkatan penguasaan konsep sebelummenggunakan modul kemudian diberi tes memperoleh rerata nilai 73 dan setelah belajar menggunakan modul kemudian diberi tes memperoleh rerata nilai 90.


Ketersediaan
2130280/SB/2019KKI 530 KAS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Detail Information
Judul Siri
-
No. Panggilan
KKI 530 KAS p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Penerangan Fizikal
ix, 174 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Content Type
text
Media Type
PDF
Carrier Type
-
Edisi
1
Subjek
Kemandirian belajar
Penguasaan Konsep
Skripsi
Learning Cycle sepeda
Maklumat khusus
-
Penyataan Tanggungjawab
-
Other version/related

No other version available

Fail Lampiran
  • Please login to see this attachment
Comments

You must be logged in to post a comment

Digital Library
  • Informasi
  • Services
  • Librarian
  • Area Ahli

About Us

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Bahasa
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Carian Spesifik