Electronic Resource
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII A SMP PGRI 01 Pakisaji Tahun Pelajaran 2017/2018
Pada proses pembelajaran matematika sangat diperlukan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak membuat siswa sibuk sendiri dalam belajar. Kebanyakan guru mengajar menggunakan metode ceramah yang diterapkan. Akibatnya diduga membuat hasil belajar siswa di bawah KKM yang ditentukan oleh sekolah. Berdasarkan hasil obeservasi yang dilakukan peneliti terhadap pembelajaran matematika di kelas VII A SMP PGRI 01 Pakisaji hasil belajar matematika sangat rendah. Pada saat pembelajaran berlangsung siswa terlalu pasif. Karena itu peru dikembangkan suatu model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pembelajaran kooperatif model jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII A SMP PGRI 01 Pakisaji pada materi aritmatika sosial.
Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitiannya adalah kelas VII A SMP PGRI 01 Pakisaji berjumlah 32 orang terdiri atas 24 laki-laki dan 9 orang perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil tes siswa, hasil obeservasi, dan hasil catatan lapangan. Setiap siswa mengalami peningkatan dalam hasil belajar. Pada tindakan I dengan perolehan 64,84% dan pada tindakan II dengan perolehan 83,20%. Deskripsi langkah-langkah pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran kooperatif model jigsaw pada materi aritmetika sosial kelas VII A SMP PGRI 01 Pakisaji tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan keseluruhannya 18,36%. Disarankan kepada guru matematika dalam pemberian materi aritmatika sosial dapat menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hendaknya peneliti lain dapat mengembangkan pada materi lain dan memperbaiki proses dan perangkat-perangkat pembelajaran untuk meningkatkan hasil maksimal.
2130228/SB/2019 | KKI 510 PIL m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain