Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya

Electronic Resource

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Polya

Dedy Ardianto Nugroho - Nama Orang; Dr. Tatik Retno Murniasih, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Trija Fayeldi, M.Si - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi pada kelas VII SMP PGRI 04 Kalipare masih terdapat kesalahan para peserta didik dalam mengerjakan soal kemampuan pemecahan masalah. Kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik mengacu pada kesalahan pada tahapan Polya. Penggunaan tahapan Polya ini terdiri dari empat tahapan, tahap yang pertama yakni memahami masalah, tahap yang kedua yakni menyusun kembali, tahap yang ketiga yakni melaksanakan rencana dan tahap yang keempat yakni memeriksa kembali.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII SMP PGRI 04 Kalipare yang berjumlah 12 peserta didik dengan perincian 5 laki-laki dan 7 perempuan. Data akan dianalisis dengan menggunakan metode triangulasi. Pengambilan data dilakukan dengan tes kesalahan kemampuan pemecahan masalah dan wawancara.
Hasil validasi dari validator bahwa soal kemampuan pemecahan masalah dinyatakan valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Data menunujukkan bahwa 5 peserta didik berada pada tingkatan tinggi, 5 peserta didik berada pada tingkatan sedang, dan 2 peserta didik berada pada tingkatan rendah. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa subjek penelitian masih relatif melakukan kesalahan dalam menyelesaiakn soal pemecahan masalah. Rata-rata kesalahan yang dilakukan peserta didik dapat ditaksir sebagai berikut: 1) kesalahan memahami masalah sebesar 16,67%, 2) kesalahan menyusun rencana sebesar 61,33%, 3) kesalahan melaksanakan rencana sebesar 61,33%, dan 4) kesalahan memeriksa kembali sebesar 83,33%.


Ketersediaan
2130215/SB/2019KKI 510 NUG a/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 NUG a/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
vi, 106 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Kemampuan pemecahan masalah
Polya
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik