Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Katolik Yohanes Gabriel Kesamben

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Course Review Horay Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Katolik Yohanes Gabriel Kesamben

Agustinus Nanang. Sutriono - Nama Orang; Drs. Wignyo Winarko, S.T.,M.Pd - Nama Orang; Yuniar Ika Putri Pranyata, M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran matematika di kelas VII berlangsung menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Berdasarkan hasil observasi (1) hanya beberapa peserta didik yang memperhatikan guru ketika menerangkan materi pelajaran di depan kelas, (2) peserta didik sering keluar masuk kelas pada saat proses pembelajaran sedang berlangsung, (3) beberapa peserta didik tidak mengerjakan soal latihan yang diberikan guru, (4) hanya beberapa peserta didik yang sering bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru. Oleh karena itu, perlu digunakan model pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dalam pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah course review horay. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran course review horay untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VII SMPK Yohanes Gabriel Kesamben.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sumber data adalah kelas VII SMPK Yohanes Gabriel Kesamben sebanyak 9 peserta didik. Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, kuesioner, dan wawancara.
Pembelajaran dengan model course review horay yang dapat meningkatkan motivasi belajar dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) Guru menjelaskan materi, (2) guru membagikan LKPD, (3) guru menjelaskan permainan course review horay, (4) guru membagi peserta didik beberapa kelompok heterogen, (5) peserta didik mengisi angka secara acak dari 1 sampai 9 pada kertas yang berisi kolom yang sudah disediakan oleh guru, (6) guru memberikan soal secara acak, (7) guru mengarahkan kepada setiap kelompok untuk berdiskusi, (8) Pendidik mempersilahkan kelompok yang menjawab benar secara horisontal, vertikal atau diagonal untuk menyanyikan yel-yel kelompoknya, (9) guru memilih salah satu anak dari kelompok yang menjawab salah untuk menuliskan jawabanya di papan tulis, (10) guru memberikan pembenaran untuk soal-soal yang dikerjakan kurang tepat, agar peserta didik dapat dengan mudah mengevaluasi dari hasil kerjanya, (11) peserta didik bersama-sama dengan guru merangkum atau menyimpulkan materi. Persentase motivasi belajar peserta didik pada siklus I sebesar 73,36% dan siklus II sebesar 87,09%.
Hasil kesimpulan penelitian ini yaitu adanya peningkatan motivasi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran course review horay di kelas VII SMPK Yohanes Gabriel Kesamben. Saran dari penelitian ini adalah penelitian ini sebagai pembelajaran untuk menjadi guru yang lebih profesional.


Ketersediaan
2130187/SB/2019KKI 510 SUT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 SUT p/s
Penerbit
Malang : Pendidika Matematika., 2018
Deskripsi Fisik
viii, 210 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi Belajar
Skripsi
Model pembelajaran course review horay
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik