Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang

Avetriana Asuat - Nama Orang; Dr. Nurul Ain, M.Si - Nama Orang; Kurriawan Budi Pranata, S.Si., M.Si. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitiannya dilakukan melalui dua siklus dan terdiri atas 4 tahap. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang sebanyak 31 orang. Pengambilan data menggunakan lembar instrumen motivasi dan tes prestasi belajar kemudian dianalisis menggunakan excel. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari presentase keterlaksanaan dengan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I adalah 79,13% dan pada siklus II adalah 91,75%. Presentase motivasi pada tindakan I dan tindakan II berturut-turut 70,46% dan 89,03%. Presentase prestasi belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut 64,52; 77,42; dan 90,32. Sedangkan berdasarkan KKM diperoleh nilai pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut 74,71%, 81,10%, dan 86,13%


Ketersediaan
2130168/SB/2019KKI 530 ASUPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 ASU
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
i, 226 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Prestasi Belajar
Motivasi Belajar
Problem Based Learning (PBL)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik