Electronic Resource
Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan penelitiannya dilakukan melalui dua siklus dan terdiri atas 4 tahap. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-I SMP Negeri 2 Malang sebanyak 31 orang. Pengambilan data menggunakan lembar instrumen motivasi dan tes prestasi belajar kemudian dianalisis menggunakan excel. Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari presentase keterlaksanaan dengan model Problem Based Learning (PBL) pada siklus I adalah 79,13% dan pada siklus II adalah 91,75%. Presentase motivasi pada tindakan I dan tindakan II berturut-turut 70,46% dan 89,03%. Presentase prestasi belajar pada pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut 64,52; 77,42; dan 90,32. Sedangkan berdasarkan KKM diperoleh nilai pra siklus, siklus I dan siklus II berturut-turut 74,71%, 81,10%, dan 86,13%
2130168/SB/2019 | KKI 530 ASU | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain