Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa

Tri Nessy Tasiana - Nama Orang; Nur Farida, M.Pd - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, M.Pd - Nama Orang;

Masalah-masalah yang mempengaruhi motivasi dan hasil belajar siswa terdapat pada Pembelajaran matematika di kelas XI IPS SMA Taman Madya Malang. Hal ini terbukti dari mayoritas siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional. Selain itu hasil observasi di kelas XI IPS menunjukkan 33,3% hasil belajar matematika siswa masih dibawah nilai KKM. Berdasarkan permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa. Model Make A-Match merupakan model pembelajaran yang mengkombinasi keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran berbasis permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika dengan model Make A-Match untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pembelajaran matematika dengan model Make A-Match yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. 1) guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi soal dan jawaban 2) setiap siswa mendapat satu buah kartu 3) siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu tersebut 4) siswa mencari pasangan dari kartu-kartu tersebut 5) siswa berkumpul bersama pasangan kartunya untuk berdiskusi 6) guru meminta siswa mempresentasikan hasil diskusinya 7) guru bersama dengan siswa menyimpulkan dan mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Taman Madya Malang tahun 2017/2018 sebanyak18 siswa. Metode yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif yang meliputi: Mereduksi data, Penyajian
data dan Penarikan kesimpulan.
Hasil analisis data disajikan sebagai berikut: persentase motivasi belajar siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 76,52% dan 80,20% dengan kategori sangat positif. Persentase ketuntasan belajar siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 72,22% dan 83,33% sangat baik. Persentase keberhasilan aktivitas pengajar pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut yaitu 70% dan 81,66%. Sedangkan keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I dan siklus II secara berturut-turut yaitu 64,28% dan 80,35%. Hasil penelitian ini menyimpulkan Penerapan Model Pembelajaran Make A-Match dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Bagi peneliti lain disarankan agar dapat mengembangkan penelitian penerapan model pembelajaran Make A-Match dengan metode lain pada materi lain


Ketersediaan
2130152/SB/2019KKI 510 TAS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 TAS p/s
Penerbit
Malang : Pendidika Matematika., 2018
Deskripsi Fisik
x, 197 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Motivasi
Hasil belajar
Skripsi
Model pembelajaran make a-match
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik