Electronic Resource
Efektifitas Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Berbantuan Speeling Puzzle Terhadap Aktifitas Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SDN Karangsono Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2017/2018
Model pembelajaran Brain Based Learning dengan berbantuan media Speeling Puzzle sebagai solusi untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantuan Speeling Puzzle terhadap aktivitas dan
pemahaman konsep IPA. Metode pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian Quasi Exsperimental Design (Eksperimen Semu) tipe
pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SDN Karangsono yang berjumlah 51 siswa, sedangkan sampel yang digunakan terdiri dari 20 siswa. Untuk kelas III sebanyak 51 siswa dengan rincian kelas III A 25 sebagai kelas eksperimen dan kelas III B 26 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis uji hipotesis t ( Independent sampel t-test ) dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, hasil data postest pemahaman konsep siswa yang diperoleh adalah nilai signifikasi Sig( 2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,015 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model Brain Based Learning dengan berbantuan Speeling Puzzle efektif terhadap pemahaman konsep IPA. Dan untuk pengambilan data aktivitas belajar siswa diperoleh hasil aktivitas siswa kelas kontrol dan kelas ekperimen signifikan Sig (2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model Brain Based Learning (BBL) berbantuan Speeling Puzzle dengan tidak menggunakan model Brain Based Learning (BBL) berbantuan Speeling Puzzle. Dengan adanya model Brain Based Learning berbantuan Speeling Puzzle menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan menciptakan situasi pembelajaran yang aktif dan bermakna bagi siswa untuk dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa.
2130145/SB/2019 | KKI 372 SAF e/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain