Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Efektifitas Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Berbantuan Speeling Puzzle Terhadap Aktifitas Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SDN Karangsono Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2017/2018

Electronic Resource

Efektifitas Model Pembelajaran BBL (Brain Based Learning) Berbantuan Speeling Puzzle Terhadap Aktifitas Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas III SDN Karangsono Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2017/2018

Mayangsari Anggun Safitri - Nama Orang; Dwi Agus Setiawan, S.Pd,M.Pd - Nama Orang; Farida Nur Kurmala, S.Si, M.Pd - Nama Orang;

Model pembelajaran Brain Based Learning dengan berbantuan media Speeling Puzzle sebagai solusi untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran Brain Based Learning (BBL) berbantuan Speeling Puzzle terhadap aktivitas dan
pemahaman konsep IPA. Metode pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif yang menggunakan jenis penelitian Quasi Exsperimental Design (Eksperimen Semu) tipe
pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas III SDN Karangsono yang berjumlah 51 siswa, sedangkan sampel yang digunakan terdiri dari 20 siswa. Untuk kelas III sebanyak 51 siswa dengan rincian kelas III A 25 sebagai kelas eksperimen dan kelas III B 26 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes objektif pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan teknik analisis uji hipotesis t ( Independent sampel t-test ) dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, hasil data postest pemahaman konsep siswa yang diperoleh adalah nilai signifikasi Sig( 2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,015 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa model Brain Based Learning dengan berbantuan Speeling Puzzle efektif terhadap pemahaman konsep IPA. Dan untuk pengambilan data aktivitas belajar siswa diperoleh hasil aktivitas siswa kelas kontrol dan kelas ekperimen signifikan Sig (2-tailed) kurang dari 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan model Brain Based Learning (BBL) berbantuan Speeling Puzzle dengan tidak menggunakan model Brain Based Learning (BBL) berbantuan Speeling Puzzle. Dengan adanya model Brain Based Learning berbantuan Speeling Puzzle menciptakan lingkungan pembelajaran yang menyenangkan dan menciptakan situasi pembelajaran yang aktif dan bermakna bagi siswa untuk dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman konsep siswa.


Ketersediaan
2130145/SB/2019KKI 372 SAF e/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SAF e/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 218hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pemahaman Konsep.
Aktivitas
Skripsi
Model Brain Based Learning
Speeling Puzzle
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik