Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Hands On And Minds On Activity Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matamatika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pesertya Didik Di SMP Negeri 2 Pakisaji

Electronic Resource

Pengaruh Hands On And Minds On Activity Dengan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matamatika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pesertya Didik Di SMP Negeri 2 Pakisaji

Densius Naro Bhato - Nama Orang; Yuniar Ika Putri Pranyata, M.Pd - Nama Orang; Drs. Wignyo Winarko, ST., M.Pd - Nama Orang;

Peserta didik dalam pembelajaran matematika masih memiliki kemampuan berpikir kritis rendah didasarkan pada hasil ujian sebelumnya yaitu banyak peserta didik mendapat nilai dibawah KKM (75) yaitu mendapat nilai 36 sampai 56 sebanyak 18 peserta didik dari 27 peserta didik, yang di pengaruhi oleh teknik pembelajaran yang digunakan oleh pendidik yang kurang sesuai, sehingga dalam penelitian ini menggunakan teknik hands on and minds on activity dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran matematika melalui hands on and minds on activity dengan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimenl dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Pakisaji sebanyak 4 kelas, dengan sampel penelitian kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 peserta didik dan VIIIB sebagai kelas kontrol sebanyak 27 peserta didik. Analisis data untuk kemampuan berpikir peserta didik dilakukan menggunakan uji independent sample t test.
Hasil uji hipotesis dengan independent sample t-test menunujukan bahwa ada perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini dilihat dari nilai signifikan yang diperoleh yaitu 0, 031 < 0,05 dengan H0 ditolak atau ada perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis peserta didik. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan pula bahwa pembelajaran hands on and minds on activity dengan pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran matematika.


Ketersediaan
2130100/SB/2019KKI 510 BHA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 DEN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xvi, 194hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Berpikir Kritis.
Skripsi
Pengaruh
Hands On and Minds On Activity
Pendekatan Kontekstual,
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik