Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis dan Prestasi Belajar Fisik Siswa Kelas X di SMK Budi Mulya Pakisaji Tahun Pelajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan model
pembelajaran konvensional; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui interaksi model PBL dan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar fisika siswa yang dilakukan di SMK Budi Mulia Pakisaji tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control design group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas X SIJA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data menggunakan tes soal uraian untuk kemampuan berpikir analisis dan tes soal pilihan ganda untuk prestasi belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai FHitung > FTabel {37,58 > 4,35} pada taraf signifikansi 0,05; (2) adanya perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensinal dengan nilai FHitung > FTabel {37,50 > 4,35} pada taraf signifikansi 0,05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran PBL dan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar fisika siswa dengan nilai FHitung > FTabel {37,51 > 4,35} pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir analisis dan prestasi belajar fisika siswa yaitu kemampuan berpikir analisis dan prestasi belajar fisika siswa lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Begitu pun interaksi antara model pembelajaran PBL dengan kemampuan berpikir analisis memberi peningkatan terhadap prestasi belajar fisika.
2130068/SB/2019 | KKI 530 RID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain