Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis dan Prestasi Belajar Fisik Siswa Kelas X di SMK Budi Mulya Pakisaji Tahun Pelajaran 2017/2018

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis dan Prestasi Belajar Fisik Siswa Kelas X di SMK Budi Mulya Pakisaji Tahun Pelajaran 2017/2018

Nurmi Ridwan - Nama Orang; Dr. Nurul Ain, M.Si. - Nama Orang; M. Nur Huda, M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan model
pembelajaran konvensional; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa dengan menggunakan model pembelajaran PBL dan model pembelajaran konvensional; (3) mengetahui interaksi model PBL dan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar fisika siswa yang dilakukan di SMK Budi Mulia Pakisaji tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control design group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan sampel penelitian terdiri dari 20 siswa kelas X SIJA sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas X TKJ 2 sebagai kelas kontrol.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data menggunakan tes soal uraian untuk kemampuan berpikir analisis dan tes soal pilihan ganda untuk prestasi belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji Anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan kemampuan berpikir analisis siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai FHitung > FTabel {37,58 > 4,35} pada taraf signifikansi 0,05; (2) adanya perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran PBL dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensinal dengan nilai FHitung > FTabel {37,50 > 4,35} pada taraf signifikansi 0,05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran PBL dan kemampuan berpikir analisis terhadap prestasi belajar fisika siswa dengan nilai FHitung > FTabel {37,51 > 4,35} pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian, disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran PBL memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir analisis dan prestasi belajar fisika siswa yaitu kemampuan berpikir analisis dan prestasi belajar fisika siswa lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Begitu pun interaksi antara model pembelajaran PBL dengan kemampuan berpikir analisis memberi peningkatan terhadap prestasi belajar fisika.


Ketersediaan
2130068/SB/2019KKI 530 RID p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 RID p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xii, 134 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Problem Based Learning
Prestasi
Skripsi
Berpikir Analisis
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik