Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Puzzle Tiga Dimensi Terhadap Kemampuan Problem Solvi Pada Peserta Didik Kelompok B Di TK Al-Huda Bagus Malang
Problem solving merupakan kemampuan menyelesaikan masalah sederhana yang harus dikembangbangkan sejak anak usia dini. Media pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar kurang bervariasi. Salah satu media yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan problem solving peserta didik yaitu menggunakan media puzzle, namun masih banyak menggunakan puzzle dua dimensi. Perlunya pembelajaran menggunakan media yang lain agar kemampuan anak berkembang dengan baik, sehingga perlu digunakan media puzzle tiga dimensi. Media puzzle tiga dimensi merangsang kemampuan anak, yang dimainkan dengan cara membongkar pasang kepingan puzzle yang memiliki ukuran panjang, lebar dan tinggi berdasarkan pasangannya. Puzzle dapat melatih kecerdasan visual spasial, kreativitas, keteraturan dan konsentrasi anak.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media puzzle tiga dimensi terhadap kemampuan problem solving pada peserta didik kelompok B di TK Al-Huda Bagus Malang.
Metode penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen semu Quast Eksperiment yaitu dengan One Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian adalah peserta didik kelompok B berjumlah 15 peserta didik. Metode analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan bantuan komputer SPSS for windows versi 22.00 dengan melakukan empat uji yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji hipotesis.
Hasil analisis data menggunakan uji validitas dinyatakan valid karena r hitung pada masing-masing instrumen lebih besar dari nilai t tabel, sedangakan hasil analisis yang menggunakan uji hipotesis yang menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,001 yang berarti lebih kecil dari signifikan (sig. 0,001 < 0,05). Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.
Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media puzzle tiga dimensi terhadap kemampuan problem solving pada peserta didik kelompok B di TK Al-huda Bagus Malang. Hasil penelitian ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan dalam menentukan media yang akan digunakan, media yang tidak monoton, sesuai dengan karakteristik perkembangan anak dengan memanfaatkan media puzzle tiga dimensi dalam proses belajar mengajar di kelas.
2130060/SB/2019 | KKI 372 SUB p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain