Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa SMP Negeri 17 Malang Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Tekanan Pada Zat Cair

Electronic Resource

Perbedaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Metode Eksperimen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar IPA Pada Siswa SMP Negeri 17 Malang Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Tekanan Pada Zat Cair

Makrina Maria Magdalena Liu - Nama Orang; Drs. Sutrisno, M.T - Nama Orang; Muhammad Nur Hudha, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan model pembelajaran inkuiri terbimbing konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa, (2) perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan model pembelajaran inkuiri terbimbing konvensional terhadap prestasi belajar siswa, (3) pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan model inkuiri terbimbing konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah adalah quasi eksperimen dengan menggunakan posttest only group design. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa pada kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol di SMP Negeri 17 Malang. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis multivariat (MANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan model inkuiri terbimbing konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis IPA siswa dengan nilai Fhitung sebesar 4.550 ≥ 4.00 (Ftabel) pada taraf signifikan 0,037 < 0,05, (2) Ada perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen dan model inkuiri terbimbing konvensional terhadap prestasi belajar IPA siswa dengan nilai Fhitung sebesar 5.540 ≥ 4.00 (Ftabel) pada taraf signifikan 0,022 < 0,05, dan (3) Pembelajaran dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing konvensional dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen 74.500 ≥ 69.333 (kelas kontrol) dan nilai rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen 72.33 ≥ 67.000 (kelas kontrol). Kesimpulan hasil penelitian ini adalah pembelajaran fisika dengan menggunakan model inkuiri terbimbing dengan metode eksperimen lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing konvensional.


Ketersediaan
2129961/SB/2019KKI 530 MAGPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MAG
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
viii, 183 hlm, 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Prestasi Belajar
Inkuiri Terbimbing
Metode Eksperimen
Kemampuan Berpikir Kritis,
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik