Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Kelas VII SMP Negeri 17 Malang TA. 2017/2018

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Kelas VII SMP Negeri 17 Malang TA. 2017/2018

Heribertus Ogelson Mehan - Nama Orang; Drs. Sutrisno, M.T - Nama Orang; Muhammad Nur Hudha, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Inkuiri Terbimbing merupakan model pembelajaran dimana model pembelajaran yang dalam pelaksanaannya guru memberikan atau menyediakan petunjuk/bimbingan yang luas terhadap Peserta didik pada model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) ini guru telah memberukan petunjuk petunjuk mengenai materi yang akan diajarkan kepada Peserta didik seperlunyadengan langkah-langkah yaitu: a) guru mengorientasi siswa pada masalah ; b) guru membuat hipotesisi; c) Guru membimbing penyelidikan individu atau kelompok; d) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; e) guru menganilisis danmengevaluasi proses pemecahan masalah f) penutup.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kualitas penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang(2) Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (3) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 17 Malang Kelas VIII C tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 32 siswa.
Berdasarkan analisis penelitian hasil keterlaksanaan pembelajaran pada Kualitas keteterlaksanaan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing yang dilakukan di kelas VII A SMP Negeri 17 Malang dimana siklus I sebesar 78,90% dengan kualifikasi baik dan pada siklus II sebesar 91,50% dengan kualifikasi baik. Dengan demikian total keterlaksanaan pembelajaran 85,20 dengan kualifikasi baik.
Meningkatkan pemahaman konsep fisika, ini dilihat rata-rata pada siklus I adalah 74,4 berada pada kualifikasi baik sedangkan pada siklus II 82,8 berada pada kualifikasi baik. Di lihat dari persentasi ketuntasan belajar pada siklus I 67,60%, dan siklus II 82,40% mengalami peningkatan.
Meningkatkan keterampilan proses sains dilihat dari rata-rata setiap indikator keterampilan proses sains yaitu mengamati pada siklus 1 adalah 65%dan siklus II adalah 85%, indikator membuat hipotesis pada siklus 1 adalah 77,50% dan siklus II adalah 82,50%, indikator melakukan eksperimen pada siklus 1 adalah 77,50% dan siklus II adalah 95%, indikator mengkomunikasikan hasil eksperimen pada siklus 1 adalah 75% dan siklus II adalah 82,50%, indikator menerapkan konsep pada siklus 1 adalah 75% dan siklus II adalah 92,50%
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan pemahaman konsep dan keyterampilan proses sains siswa kelas VIII SMP Negeri 17 Malang.


Ketersediaan
2129753/SB/2018KKI 530 MEH p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MEH p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xi, 83 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Pemahaman Konsep
Keterampilan Proses Sains
pemebelajaran Inkuiri Terbimbing
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik