Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pemeblajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Di Tinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

Electronic Resource

Pengaruh Model Pemeblajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Di Tinjau Dari Gaya Kognitif Siswa

Sinta Agustina Wulandari - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd - Nama Orang; Kurriawan Budi Pranata, S.Si., M.Si. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan yang menggunakan model pembelajaran konvensional, (2) mengetahui perbedaan antara gaya kognitif siswa yang menggunakan gaya kognitif Field Independent dan gaya kognitif Field Dependent, (3) mengetahui pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model konvensional terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Cendika Bangsa Kepanjen, semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Jumlah sampel penelitian ini adalah 60 siswa terdiri dari dua kelas, yakni kelas eksperimen dan kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental dengan menggunakan kuasi eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2, desain penelitian ini adalah posttest only control group design, metode analisis data yang digunakan adalah uji anova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan kemampuan berfikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. (2) Ada perbedaan antara gaya kognitif siswa yang menggunakan gaya kognitif Field Independent dan Field Dependent. Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,005 < 0,05. (3) Tidak ada pengaruh interaksi antara penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berfikir kritis siswa. Taraf signifikan yang diperoleh adalah 0,654 > 0,05.


Ketersediaan
2129742/SB/2018KKI 530 WUL p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 WUL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiv, 128 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
berpikir kritis
Problem Based Learning (PBL)
Gaya Kognitif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik