Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Belajar Fisika Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 17 Malang
Tujuan dari penelitian tidakan kelas ini adalah untuk meningkakan kualitas pelaksanaan pembelajaran kelas VII, meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas VII, dan untuk meningkatkan penguasaan konsep fisika pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan inkuiri.
Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIB SMP Negeri 17 Malang. Pelaksana tindakan adalah peneliti sendiri, dan sebagai observer adalah teman sejawat. Data penelitian dikumpulkan melalui test, lembar penguasaan konsep siswa, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, wawancara dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pemelajaranProblem Based Learning (PBL) dengan pendekatan inkuiri dapat meningkakan kulaitas pelaksanaan pembelajaran, (2) penerapan model pemelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan inkuiri dapat meningkakan keterampilan proses sains siswa, (3) penerapan model pemelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pendekatan inkuiri dapat meningkakan penguasaan konsep fisika pada siswa kelas VII SMP Negeri 17 Malang.
2129736/SB/2018 | KKI 530 LOM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain