Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Problem Solving Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) Berbasis Problem Solving Terhadap Keaktifan Belajar Matematika Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang

Umi Siti Fadilah - Nama Orang; Yulianti, S.Pd.I.,M.Pd - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd.,M.Pd - Nama Orang;

Salah satu perubahan perilaku siswa pada saat pembelajaran adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena guru sering menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu, guru dituntut mampu menciptakan proses pembelajaran yang efektif dengan menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis Problem Solving terhadap keaktifan belajar matematika kelas V SDN Kebonsari 3 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment . Desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh yaitu siswa kelas VA sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan angket keaktifan. Kesahihan instrumen penelitian ini diperoleh melalui uji validitas, reliabilitas. Teknik analisis data yaitu menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan t-test.
Hasil uji validitas intrumen yang terdiri dari 20 pernyataan angket keaktifan siswa memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel (thitung > ttabel) sehingga angket keaktifan siswa dapat dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas angket keaktifan siswa menghasilkan output, dengan nilai reliabilitas (Alpha Cronbach) 0,873 sehingga dinyatakan reliable. Uji prasyarat yaitu uji normalitas (Kolmogorov-Smirnov) skor angket awal kelas eksperimen menghasilkan nilai sig. 0,350 dan kelas kontrol menghasilkan nilai sig. 0,623. Skor angket setelah perlakuan pada kelas eksperimen menghasilkan nilai sig. 0,792 dan kelas kontrol menghasilkan nilai sig. 0,484. Nilai signifikansi untuk kedua angket tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data penelitian tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas menghasilkan nilai sig. 0,895 pada angket awal dan menghasilkan nilai sig. 0,766 pada angket setelah perlakuan, kedua angket memiliki nilai signifikansi melebihi 0,05 dengan demikian dapat dikatakan sampel berasal dari populasi yang homogen.
Hasil uji hipotesis diperoleh nilai sig. 0,009 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (sig. < 0,05), maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berbasis Problem Solving terhadap keaktifan belajar matematika kelas V SDN Kebonsari 3 Malang.


Ketersediaan
2129675/SB/2018KKI 372 FAD p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 UMI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
vi, 98 hlm, 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Keaktifan belajar
Problem Solving
Skripsi
Team Assisted Individualization (TAI)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik