Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Bululawang
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keaktifan siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang belajar menggunakan model konvensional; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang belajar menggunakan model konvensional yang dilakukan di SMPN 2 Bululawang pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Postest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random sampling. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji Manova.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya perbedaan keaktifan belajar siswa yang menggunkaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunkan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung < Ftabel {0,038
2129637/SB/2018 | KKI 530 TEF p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain