Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Bululawang

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMPN 2 Bululawang

Irene Dominika Tefa - Nama Orang; Akhmad Jufriadi, S.Si., M.Si - Nama Orang; Hestiningtyas Yuli Pratiwi, S.Pd.,M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan keaktifan siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang belajar menggunakan model konvensional; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning dan siswa yang belajar menggunakan model konvensional yang dilakukan di SMPN 2 Bululawang pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan Postest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII dan sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VII B sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random sampling. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji Manova.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya perbedaan keaktifan belajar siswa yang menggunkaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan siswa yang belajar menggunkan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung < Ftabel {0,038


Ketersediaan
2129637/SB/2018KKI 530 TEF p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 TEF p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
x, 100 hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Riset Skripsi
Prestasi Belajar
Irene Dominika Tefa
Keaktifan
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik