Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Multirepresentasi Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa kelas VIII Di Negeri 1 Lawang Tahun Pelajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan motivasi siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbasis multirepresentasi dengan model pembelajaran konvesional; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar Fisika siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbasis multirepresentasi dengan model pembelajaran konvesional; (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning berbasis multirepresentasi dengan motivasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa yang dilakukan di SMP Negeri 1 Lawang pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control design group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel penelitian terdiri dari 34 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji Anova dua
jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis multirepresentasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung > Ftabel {18,35 > 3.92} pada taraf signifikansi 0, 05; (2) adanya
perbedaan prestasi belajar Fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis multirepresentasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional nilai Fhitung > Ftabel {16,44 > 3.92} pada taraf signifikansi 0, 05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan multirepresentasi dan motivasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel {4,10 > 3.92} pada taraf signifikansi 0, 05. Dengan demikan, disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan multirepresentasi memberikan dampak positif terhadap motivasi dan prestasi belajar Fisika siswa yaitu motivasi dan prestasi belajar fisika siswa lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Begitu
pun interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan multirepresentasi dan motivasi belajar siswa memberi peningkatan terhadap prestasi
belajar Fisika siswa. Model pembelajaran PBLdengan multirepresentasi terbukti mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Fisika siswa. Oleh karena itu, sekiranya
dapat digunakan dalam pembelajaran fisika sehingga tujuan pembelajaran fisika dapat dicapai dengan optimal.
2129334/SB/2018 | KKI 530 OGA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain