Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Multirepresentasi Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa kelas VIII Di Negeri 1 Lawang Tahun Pelajaran 2017/2018

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Multirepresentasi Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa kelas VIII Di Negeri 1 Lawang Tahun Pelajaran 2017/2018

Oktabrianus Alchi Ogar - Nama Orang; Dr. Nurul Ain, M.Si. - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S.Si., M.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan motivasi siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbasis multirepresentasi dengan model pembelajaran konvesional; (2) mengetahui perbedaan prestasi belajar Fisika siswa yang diajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning berbasis multirepresentasi dengan model pembelajaran konvesional; (3) mengetahui interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning berbasis multirepresentasi dengan motivasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa yang dilakukan di SMP Negeri 1 Lawang pada tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control design group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII dan sampel penelitian terdiri dari 34 siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan 32 siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengambilan data menggunakan lembar observasi dan tes prestasi belajar siswa kemudian dianalisis menggunakan uji Anova dua
jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) adanya perbedaan motivasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis multirepresentasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai Fhitung > Ftabel {18,35 > 3.92} pada taraf signifikansi 0, 05; (2) adanya
perbedaan prestasi belajar Fisika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis multirepresentasi dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional nilai Fhitung > Ftabel {16,44 > 3.92} pada taraf signifikansi 0, 05; (3) adanya interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan multirepresentasi dan motivasi terhadap prestasi belajar Fisika siswa dengan nilai Fhitung > Ftabel {4,10 > 3.92} pada taraf signifikansi 0, 05. Dengan demikan, disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran Problem Based Learning dengan multirepresentasi memberikan dampak positif terhadap motivasi dan prestasi belajar Fisika siswa yaitu motivasi dan prestasi belajar fisika siswa lebih tinggi dibandingkan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvesional. Begitu
pun interaksi antara model pembelajaran Problem Based Learning dengan multirepresentasi dan motivasi belajar siswa memberi peningkatan terhadap prestasi
belajar Fisika siswa. Model pembelajaran PBLdengan multirepresentasi terbukti mampu meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Fisika siswa. Oleh karena itu, sekiranya
dapat digunakan dalam pembelajaran fisika sehingga tujuan pembelajaran fisika dapat dicapai dengan optimal.


Ketersediaan
2129334/SB/2018KKI 530 OGA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 OKT p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
x, 75 Hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1
Subjek
Problem Based Learning
Motivasi Belajar
Skripsi
Multirepresentas
Prestasi Belajar Fisik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik