Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Proses Fisika SMK Muhammadiyah 01 Kepanjen Tahun Ajaran 2017/2018
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Ketrampilan Proses Fisika SMK Muhammadiyah 01 Kepanjen Tahun Ajaran 2017/2018. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian postest only control group design yang melibatkan 138 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan selama dan setelah perlakuan diberikan, dengan menggunakan test kemampuan pemecahan masalah siswa, lembar observasi keterampilan proses fisika
Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan SPSS 22,00 For Windows dengan uji analisis varian dua jalur (ANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar menggunakan model Pembelajaran Based Learning (PBL) dan siswa yang belajar fisika menggunakan model konvensional dengan nilai Fhitung sebesar 15,210 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara siswa yang mempunyai ketrampilan proses fisika tinggi dengan siswa yang mempunyai ketrampilan proses fisika rendah menggunakan model Pembelajaran Based Learning (PBL) dan siswa yang belajar menggunakan model konvensional dengan nilai Fhitung sebesar 263.695 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model Pembelajaran Based Learning (PBL) dan model konvensional dengan keterampilan proses fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai Fhitung sebesar 0.008 pada taraf signifikan 0,927 > 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan model Pembelajaran Based Learning (PBL) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses fisika dan kemampuan pemecahan masalah siswa.
2129246/SB/2018 | KKI 530 AGU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain