Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Proses Fisika SMK Muhammadiyah 01 Kepanjen Tahun Ajaran 2017/2018

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Keterampilan Proses Fisika SMK Muhammadiyah 01 Kepanjen Tahun Ajaran 2017/2018

Lazarus Agun - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S. Pd., M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau Dari Ketrampilan Proses Fisika SMK Muhammadiyah 01 Kepanjen Tahun Ajaran 2017/2018. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian postest only control group design yang melibatkan 138 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan selama dan setelah perlakuan diberikan, dengan menggunakan test kemampuan pemecahan masalah siswa, lembar observasi keterampilan proses fisika
Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan SPSS 22,00 For Windows dengan uji analisis varian dua jalur (ANOVA). Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang belajar menggunakan model Pembelajaran Based Learning (PBL) dan siswa yang belajar fisika menggunakan model konvensional dengan nilai Fhitung sebesar 15,210 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Ada perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa antara siswa yang mempunyai ketrampilan proses fisika tinggi dengan siswa yang mempunyai ketrampilan proses fisika rendah menggunakan model Pembelajaran Based Learning (PBL) dan siswa yang belajar menggunakan model konvensional dengan nilai Fhitung sebesar 263.695 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Tidak terdapat pengaruh interaksi antara model Pembelajaran Based Learning (PBL) dan model konvensional dengan keterampilan proses fisika terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai Fhitung sebesar 0.008 pada taraf signifikan 0,927 > 0,05. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran fisika dengan menggunakan model Pembelajaran Based Learning (PBL) berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan proses fisika dan kemampuan pemecahan masalah siswa.


Ketersediaan
2129246/SB/2018KKI 530 AGU p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 AGU p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
ix, 72 hlm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
Ed 1
Subjek
Skripsi
Kemampuan pemecahan masalah
Based Learning (PBL)
Keterampilan Proses Fisika.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik