Electronic Resource
Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle 7E Melalui Saintific Approach Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas VII SMPN 17 Malang Tahun Ajaran 2017/2018
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perbedaan Kemampuan berpikir Kritis siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Melalui Saintific Approach dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. (2) Untuk mengetahui perbedaan Pemahaman Konsep siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Melalui Saintific Approach dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional.(3) Untuk mengetahui interaksi model pembelajaran Learning Cycle 7E Melalui Saintific Approach dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep siswa, dikelas VII yaitu, VII-A, VII-B,VII-C,dan VII-D SMPN 17 Malang Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian ini merupakan Penelitian Kuantitatif dengan Metode quasy experiment ( eskperimen semu). Yang desain penelitiannya adalah non–equivelen group desing. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelompok ( kelas ) yaitu, kelompok atau kelas eksperimen dengan model pembelajaran Learning Cycle 7E Melalui Saintific Approach yaitu kelas VII-A dan kelas VII-B, dan kelompok atau kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional yaitu kelas VII-C dan kelas VII-D yang subjek penelitian diambil dari kelompok yang telah di bentuk secara alamiah.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Ada perbedaan Kemampuan berpikir Kritis siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Melalui Saintific Approach dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Dimana pada hasil uji anova menunjukan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05. (2) Ada perbedaan Pemahaman Konsep siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E Melalui Saintific Approach dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Konvensional. Dimana pada hasil uji anova menunjukan nilai signifikansi adalah 0,000 < 0,05. Tidak ada interaksi model pembelajaran Learning Cycle 7E Melalui Saintific Approach dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep siswa. Hasil uji anova menunjukan nilai signifikansi adalah 0,246 > 0,05.
2128967/SB/2018 | KKI 530 DAU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain