Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada Materi Hukum Newton Di SMK Budi Mulia Pakisaji Malang Tahun Ajaran 2016/2017
Rendahnya prestasi belajar fisika dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya anggapan pelajran fisika sulit, media pembelajaran kurang variatif dan model pembelajaran kurang variatif dan inovatif. Merujuk pada teori para ahli dan penelitian terdahulu, peneliti menerapkan model pembelajaran CLIS agar dapat meningkatkan prestasi belajar fisika
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada materi Hukum Newton di Kelas X TKJ 2 SMK Budi Mulia Pakisaji Malang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif Instrumen penelitian menggunakan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan soal pretest dan post-test berupa soal objektif. Subjek penelitian adalah siswa kelas eksperimen X TKJ 2 dan siswa kelas kontrol MM 1 SMK Budi Mulia Pakisaji Malang.
Hasil penelitian ini bahwa adanya Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) Terhadap Prestasi Belajar Fisika Pada materi Hukum Newton di Kelas X TKJ 2 SMK Budi Mulia Pakisaji Malang. Hal ini terbukti dengan hasil uji statistik menggunakan bantuan SPSS windows for 16 dengan rata-rata pretes 45.51 dan post-test 77.32 pada kelas eksperimen, besar selisih rata-ratanya adalah 31.81. rata-rata pretest 45.53 dan post-test 64.29 pada kelas kontrol, besar selisih rataratanya adalah 18.76. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) mempengaruhi prestasi belajar fisika pada materi hukum Newton
2126027/SB/2017 | KKI 530 NGU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain