Electronic Resource
Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Di SMP Yapenas Gempol Tahun Ajaran 2016/2017
Model pembelajaran discovery learning dan problem based learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang sudah tercantum pada kurikulum 2013. Model pembelajaran ini menekankan pada penemuan konsep dan pemecahan masalah oleh siswa. Untuk itu, guru perlu adanya model pembelajaran yang tepat agar pemahaman siswa terhadp konsep fisika dapat terwujud. Peningkatan pemahaman konsep siswa juga dipengaruhi oleh gaya kognitif. Karakteristik gaya kognitif setiap siswa perlu dipertimbangkan dalam memilih model pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran model pembelajaran problem based learning (PBL). (2) Perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent dan siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent. (3) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Yapenas Gempol tahun pelajaran 2016/2017. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Adanya perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) (0,004 ≤ 0,05). (2) Adanya perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent dan siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent (0,009 ≤ 0,05). (3) Tidak adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep (0,234 ≥ 0,05).
2126012/SB/2017 | KKI 530 AVR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain