Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Di SMP Yapenas Gempol Tahun Ajaran 2016/2017

Electronic Resource

Perbedaan Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau Dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII Di SMP Yapenas Gempol Tahun Ajaran 2016/2017

Varisa Avrilia - Nama Orang; Chandra Sundaygara, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Model pembelajaran discovery learning dan problem based learning (PBL) merupakan model pembelajaran yang sudah tercantum pada kurikulum 2013. Model pembelajaran ini menekankan pada penemuan konsep dan pemecahan masalah oleh siswa. Untuk itu, guru perlu adanya model pembelajaran yang tepat agar pemahaman siswa terhadp konsep fisika dapat terwujud. Peningkatan pemahaman konsep siswa juga dipengaruhi oleh gaya kognitif. Karakteristik gaya kognitif setiap siswa perlu dipertimbangkan dalam memilih model pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran model pembelajaran problem based learning (PBL). (2) Perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent dan siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent. (3) Pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep siswa.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Yapenas Gempol tahun pelajaran 2016/2017. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh jumlah sampel sebanyak 64 siswa. Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Adanya perbedaan pemahaman konsep fisika, antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) (0,004 ≤ 0,05). (2) Adanya perbedaan pemahaman konsep fisika antara siswa yang mempunyai gaya kognitif field independent dan siswa yang mempunyai gaya kognitif field dependent (0,009 ≤ 0,05). (3) Tidak adanya pengaruh interaksi antara model pembelajaran dengan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep (0,234 ≥ 0,05).


Ketersediaan
2126012/SB/2017KKI 530 AVR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 AVR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2017
Deskripsi Fisik
xvi, 180 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pemahaman Konsep
Problem Based Learning
Discovery Learning
Gaya Kognitif
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik