Electronic Resource
Pengembangan Modul IPA Fisika Berbasis PBL Pada Pokok Bahasan Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Krisis Siswa Kelas VIII SMP PGRI 2 Lawang
Pengembangan modul IPA Fisika berbasis PBL pada pokok bahasan Gerak Lurus dapat membantu siswa sebagai sumber belajar IPA Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul IPA Fisika berbasis PBL pada pokok bahasan Gerak Lurus yang dikembangkan dan keefektifan modul yang dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang diterapkan Research and Development (R&D). Uji coba produk dilakukan di SMP PGRI 2 Lawang, Kabupaten Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian modul IPA terpadu berbasis PBL oleh ahli materi memperoleh rata-rata persentase 77,6% dengan kriteria layak, ahli media memperoleh rata-rata persentase 93,33%. Pada uji coba skala kecil, modul yang dikembangkan mendapat rata-rata persentase skor 88% dengan respon sangat baik oleh siswa. Hasil uji coba skala besar menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran mendapat rata-rata persentase skor 88,90% dan guru memperoleh rata-rata persentase 93,12% dengan respon sangat baik oleh guru. Modul IPA Fisika berbasis Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan secara keseluruhan hasil tes kemampuan berpikir kritis siswa sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis adalah sebagai berikut: (1) Memberikan penjelasan sederhana memperoleh peningkatan sebesar 0,661 dengan kriteria “sedang”, dimana nilai untuk kategori sedang yaitu 0,3
2125965/SB/2017 | KKI 530 LAW p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain