Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran POE (Predict, Observe, And Explanation) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Pemahaman Materi Suhu Dan Perubahan Pada Siswa Kelas VII SMPN 17 Malang Tahun Pelajaran 2016/2017
Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan oleh peneliti dikelas VII-H SMP Negeri 17 Malang diperoleh informasi tentang kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa, aktivitas dan pemahaman materi. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa cenderung pasif dan kurang terkontrol. Serta metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru masih menggunakan metode ceramah. Kurang aktif penggunaan alat-alat dilaboratorium untuk melaksanakan demonstrasi, sehingga siswa kurang memahami penerapan Fisika terhadap kehidupan langsung. Selain itu, diperoleh juga informasi bahwa aktivitas belajar siswa juga perlu untuk ditingkatkan. Untuk mengatasi pernah tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan pemahaman materi, salah satunya dengan penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explanation).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kualitas penerapan model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explanation) untuk meningkatkan aktivitas dan pemahaman materi pada pokok bahasan Suhu dan Perubahan; (2) Apakah model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explanation) dapat meningkatkan aktivitas siswa; (3) Apakah model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explanation) dapat meningkatkan pemahaman materi pada poko bahasan Suhu dan Perubahan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif atau Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ruang lingku penelitian ini adalah kelas VII-H SMPN 17 Malang Tahun Ajaran 2016/2017. Jumlah siswa kelas VII-H 28 Orang siswa dengan 15 Orang laki-laki dan 14 Orang perempuan. Nilai aktivitas belajar siswa diperoleh dari data hasil observasi siswa, sedangkan nilai pemahaman materi diperoleh dari test hasil belajar siswa diakhir tiap siklus.
Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan sebgai berikut. (1) Kualitas proses penerapan metode pembelajaran POE (Predict, Observe, Explanation) cukup, rata-rata presentase dari siklus I dan siklus II adalah 79,2%. (2) Model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explanation) dapat meningkatkan aktivitas siswa. Rata-rata presentase pada siklus I 67,5% dan meningkat pada siklus II 93,5%. (3) Model pembelajaran POE (Predict, Observe, Explanation) dapat meningkatkan pemahaman materi sisw. Rata-rata test pada siklus I 64% dan pada siklus II 79%.
2125726/SB/2017 | KKI 530 PRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain