Electronic Resource
Pengembangan Modul Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Pokok Bahasan Fluid Statis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa SMA kelas XI
Kurikulum 2013 menuntut pembelajaran fisika di SMA dilaksanakan secara saintifik. Namun pada kenyataannya dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode teacher centered. Sehingga kemampuan berfikir kritis siswa saat ini rendah. Selain itu buku yang selama ini digunakan masih berupa buku KTSP dan BSE. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan modul fisika berbasis problem based learning pada pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa SMA kelas XI, mengetahui kualitas modul fisika berbasis PBL (Problem Based Learning) pada pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa SMA kelas XI menurut validator, dan mengetahui respon siswa terhadap modul fisika berbasis PBL (Problem Based Learning) pada pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa SMA kelas XI.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) menurut Brog and Gall yang terdiri dari sepuluh langkah. Namun pada penelitian ini yang diambil hanya lima langkah awal yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan awal, dan merevisi hasil uji coba. Instrumen penelitian ini berupa lembar penilaian kualitas modul fisika berbasis problem based learning (PBL) untuk ahli materi, ahli media, guru dan siswa sebagai responden. Subjek penelitian ini terdiri dari 1 ahli materi, 1 ahli media, 2 guru fisika SMA, dan 10 siswa sebagai responden pada uji coba lapangan awal.
Hasil penelitian ini: (1) dihasilkan modul fisika berbasis problem based learning pada pokok bahasan fluida statis untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa, 2) kualitas modul fisika berbasis PBL pada pokok bahasan fluida statis dari validator memiliki kualitas sangat baik (SB) dengan penilaian rata-rata dari ke tiga aspek sebesar 3,70 dan (3) berdasarkan respon siswa terhadap modul fisika berbasis PBL memperoleh penilaian dengan kategori setuju (S) dengan penilaian rata-rata dari ke tiga aspek sebesar 0,94.
2125711/SB/2017 | KKI 530 AIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain