Electronic Resource
Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2015/2016
Berdasarkan hasil oservasi, bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas VIII C SMPN 12 Malang sering menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan pemahaman konsep sangat rendah sehingga prestasi belajar siswa juga rendah. Sehingga dalam hal ini peneliti menerapkan Model Problem based learning sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa kelas VIII C SMPN 12 Malang. Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang penyelidikan autentik dalam menyelesaikan permasalahan yang nyata, dengan Problem Based Learning siswa dipusatkan pada cara menghadapi persoalan dengan langkah penyelesaian yang sistematis yaitu dengan orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganaliis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Tujuan penelitian ini yaitu :1. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa-siswa kelas VIII C SMPN 12 Malang melalui penerapan model Problem based learning. 2. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika siswakelas VIII C SMPN 12 Malang melalui penerapan model Problem based learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, PTK dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Pada siklus I materi yang diberikan adalah Tekanan pada zat padat. Pada siklus II materi yang diberikan adalah tekanan pada zat cair.
Berdasarkan analisis hasil penelitian Keterlaksanaan pembelajaran pada Siklus I adalah 78,78% dan pada Siklus II 90,90%. Dari pemahaman konsep siswa pada Siklus I 73,83 % sedangkan pada Siklus II 88%. Sedangkan pada prestasi belajar fisika yang telah dicapai oleh siswa, rata-rata prestasi belajar pada pra tindakan 63,5 yang memenuhi KKM adalah 15 siswa atau 50%, pada Siklus I rata-rata prestasi siswa 75,16% yang memenuhi KKM adalah 22 siswa atau 70,96%, pada Siklus II rata-rata prestasi siswa 87,66%, yang memenuhi KKM adalah 29 siswa atau 96,66%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkn bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa
2125005/SB/2017 | KKI 530 IKU u/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain