Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2015/2016

Electronic Resource

Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 12 Malang Tahun Ajaran 2015/2016

Diana Maria Asa Ikun - Nama Orang; Kurriawan Budi Pranata, S.Si., M.Si. - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si - Nama Orang;

Berdasarkan hasil oservasi, bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas VIII C SMPN 12 Malang sering menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan pemahaman konsep sangat rendah sehingga prestasi belajar siswa juga rendah. Sehingga dalam hal ini peneliti menerapkan Model Problem based learning sebagai upaya peningkatan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa kelas VIII C SMPN 12 Malang. Problem Based Learning merupakan suatu model pembelajaran yang penyelidikan autentik dalam menyelesaikan permasalahan yang nyata, dengan Problem Based Learning siswa dipusatkan pada cara menghadapi persoalan dengan langkah penyelesaian yang sistematis yaitu dengan orientasi siswa pada masalah, mengorganisasi siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganaliis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Tujuan penelitian ini yaitu :1. Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa-siswa kelas VIII C SMPN 12 Malang melalui penerapan model Problem based learning. 2. Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar fisika siswakelas VIII C SMPN 12 Malang melalui penerapan model Problem based learning.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, PTK dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan , observasi, dan refleksi. Pada siklus I materi yang diberikan adalah Tekanan pada zat padat. Pada siklus II materi yang diberikan adalah tekanan pada zat cair.
Berdasarkan analisis hasil penelitian Keterlaksanaan pembelajaran pada Siklus I adalah 78,78% dan pada Siklus II 90,90%. Dari pemahaman konsep siswa pada Siklus I 73,83 % sedangkan pada Siklus II 88%. Sedangkan pada prestasi belajar fisika yang telah dicapai oleh siswa, rata-rata prestasi belajar pada pra tindakan 63,5 yang memenuhi KKM adalah 15 siswa atau 50%, pada Siklus I rata-rata prestasi siswa 75,16% yang memenuhi KKM adalah 22 siswa atau 70,96%, pada Siklus II rata-rata prestasi siswa 87,66%, yang memenuhi KKM adalah 29 siswa atau 96,66%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkn bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan pemahaman konsep dan prestasi belajar siswa


Ketersediaan
2125005/SB/2017KKI 530 IKU u/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 IKU u/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
xiii, 159 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Pemahaman Konsep
Skripsi
Model Problem Based Learning
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik