Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII F SMP Kartika IV 9 Malang Tahun Ajaran 2015/2016

Electronic Resource

Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas VIII F SMP Kartika IV 9 Malang Tahun Ajaran 2015/2016

Maria Magdalena Tuto - Nama Orang; Dr. H. Sudi Dul Aji, M.Si - Nama Orang; Drs. Sutrisno, M.T. - Nama Orang;

Pembelajaran kooperatif disusun dalam sebuah usaha untuk meningkatkan partisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok, serta memberikan kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dan belajar secara bersama- sama. Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD), adalah salah satu model pembelajaran kooperatif yang mengutamakan kerja sama, saling membantu dan memperhatikan satu sama lain untuk memahami materi pembelajaran yang diberikan, memastikan bahwa setiap anggota kelompok telah menguasai materi yang dipelajari dengan baik, siswa memiliki ketergantungan positif untuk saling membantu dalam penguasaan dan pemahaman materi pelajaran. Dalam Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD) terdapat kegiatan-kegiatan persiapan pembelajaran, Penyajian materi, Penempatan Siswa dalam Kelompok, Pemeriksaan Hasil Kegiatan Kelompok, Mengerjakan soal tes secara individu, pemeriksaan hasil tes, penghargaan kelompok.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar siswa dan prestasi belajar siswa kelas VIII-F SMP Kartika IV-9 Malang melalui Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan pokok bahasan Fluida Statis, subpokok bahasan Tekanan Pada Zat Padat dan Tekanan Hidrostatis dan Siklus II pokok bahasan Fluida Statis, subpokok bahasan Hukum Pascal dan Hukum Archimedes. Penelitian dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016 di kelasVIII-F SMP Kartika IV-9 Malang. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII-F SMP KARTIKA IV-9 Malang yang berjumlah 37 siswa.
Berdasarkan analisis hasil penelitian Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 78,2% berada pada kualifikasi baik dan pada siklus II 88,8% berada pada kualifikasi sangat baik. Dari persentasi Aktivitas Belajar siswa pada siklus I adalah 66,1% berada pada kualifikasi cukup baik, sedangkan pada siklus II 87,9% berada pada kualifikasi baik. Dari data persentase keterlaksanaan pembelajaran dan Aktivitas Belajar siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan.
Model Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviment Divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar fisika, ini dilihat dari prestasi belajar rata-rata pada siklus I adalah 73,8 berada pada kualifikasi cukup baik sedangkan pada siklus II adalah 80% berada pada kualifikasi baik. Dilihat dari persentase ketuntasan belajar pada siklus I 59,4%, dan siklus II 83,7% mengalami peningkatan. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penelitian Model Cooperative Learning tipe Student Teams Achieviment Divisions dapat meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar siswa kelas VIII-F SMP Kartika IV-9 Malang.


Ketersediaan
2124869/SB/2017KKI 530 TUT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 TUT p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
viii, 194 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Aktivitas Belajar
Skripsi
Student Teams Achievement Divisions (STAD)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik