Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Stad (Student Teams Achieviment Divisions) Berbasis Eksperimen Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X SMK PGRI Singosari Tahun Ajaran 2015/2016
Analisis terhadap hasil observasi di kelas X SMK PGRI SINGOSARI selama pembelajaran Fisika berlangsung, diperoleh kesimpulan bahwa siswa kelas X-TOI 2 menilai pelajaran fisika itu sulit dimengerti dan merupakan suatu pelajaran yang kurang mereka senangi. Akibatnya aktivitas sebagian siswa menjadi teralih pada kegiatan di luar materi. Sehingga siswa tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran fisika di kelas dan akhirnya nilai prestasi belajar Fisika kelas X-TOI 2 rendah. Dari permasalahan diatas, dilakukan pemilihan pembelajaran cooperative model STAD berbasis eksperimen dalam pembelajaran fisika di kelas.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas proses penerapan pembelajaran cooperative model STAD berbasis eksperimen terbimbing, (2) peningkatan aktivitas belajar Fisika siswa kelas X-TOI 2 yang diajarkan dengan pembelajaran cooperative model STAD berbasis eksperimen, (3) peningkatan prestasi belajar Fisika siswa kelas X-TOI 2 yang diajarkan dengan pembelajaran cooperative model STAD berbasis eksperimen terbimbing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-TOI 2 yang berjumlah 26 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I (81,6 %), dan siklus II (91,3%), sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas proses pembelajaran baik. Untuk aktivitas siswa menunjukkan siklus I (68,5%), dan siklus II (86,6%), dengan demikian aktivitas siswa masuk dalam kriteria baik. Peningkatan ini juga terjadi pada prestasi siswa, nilai rata-rata prestasi belajar keadaan awal (68,04), siklus I (72,96) dan siklus II (81,36), dengan ketuntasan belajar di keadaan awal (42,31%), siklus I (65,38%) dan siklus II (88,46%) dan berada dalam kriteria baik.
Kesimpulannya adalah penerapan pembelajaran kooperatif model STAD (Student Teams Achievement Divisions) berbasis ekspereimen terbimbing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar Fisika siswa kelas X-TOI 2 SMK PGRI SINGOSARI.
2124666/SB/2017 | KKI 530 GAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain