Electronic Resource
Pengaruh Inkuri Terbimbing Dan Inkuri Termodifikasi Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa SMA Kelas XI MIA SMA Negeri 6 Malang Pokok Bahasan Usaha Dan Energi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar
Berdasarkan hasil observasi terhadap pelaksanaan pembelajaran fisika di kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3, siswa kurang bisa menerima metode pembelajaran yang di terapkan oleh guru. Yang kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajarannya. Padahal fisika adalah ilmu alam yang penerapannya memerlukan pemaparan definisi, eksperimen, dan hitungan. Oleh karenanya siswa sulit untuk menerapkan konsep fisika. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang belajar dengan menggunakana model pembelajaran inkuiri termodifikasi, (2) Untuk mengetahui perbedaan penguasaan konsep fisika antar siswa yang mempunyai kemampuan kemandirian belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai kemampuan kemandirian belajar rendah, (3) Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran inkuiri ditinjau dari kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep fisika siswa.
Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas XI MIA SMA Negeri 6 Malang tahun pelajaran 2015/2016. Penentuan sampel pada penelitian ini dipilih berdasarkan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIA 1 dan XI MIA 3. Kelas XI MIA 1 sebagai kelompok kontrol dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dan kelas XI MIA 3 sebagai kelompok eksperimen dengan model pembelajaran inkuiri termodifikasi. Data dikumpulkan dengan tes penguasaan konsep fisika dan angket kemandirian belajar. Data yang di peroleh dianalisis dengan ANOVA DUA JALUR (Analysis of Variance). Hasil dalam penelitian yaitu (1) tidak ada perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang belajar menggunaka model pembelajaran inkuiri terbimbing dan inkuiri termodifikasi hasil penelitian sig F 0,365 > 0,05, (2) tidak ada perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang mempunyai kemampuan kemandirian belajar tinggi dan kemandirian belajar rendah hasil penelitian sig F 0,078 > 0,05, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran inkuiri yang ditinjau dari kemandirian belajar terhadap penguasaan konsep fisika hasil penelitian sig F 0,586 > 0,05.
2123634/SB/2016 | KKI 530 WID p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain