Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Pembelajaran Scientific  Inkuri Dan Probem Based Learning ( PBL ) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMK Negeri 10 Malang Kelas X Tahun Ajaran 2015/2016 Ditinjau Dari Self Regulated Learning ( SRL )

Electronic Resource

Pengaruh Pembelajaran Scientific Inkuri Dan Probem Based Learning ( PBL ) Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMK Negeri 10 Malang Kelas X Tahun Ajaran 2015/2016 Ditinjau Dari Self Regulated Learning ( SRL )

Betha Marsiana Marpaung - Nama Orang; Hestiningtyas Yuli Pratiwi, S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si., M.Pd. - Nama Orang;

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemahaman konsep dengan menggunakan pembelajaran Scientific inkuiri, Problem Based Learning, Self Regulated Learning di SMK NEGERI 10 MALANG. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimental. Dalam penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai sampel, yaitu X TKJ 1 dan X TKJ 5 sebagai sampel penelitian. Penetapan kedua kelas tersebut dengan Random Sampling : memilih dua kelas sebagai sampel secara acak. Setiap kelas terdiri dari 34 siswa dengan jumlah seluruhnya 68 siswa.
Berdasarkan hasil perhitungan pada Uji hipotesis pertama melalui tabel analisis uji anova dua jalur di atas, maka diperoleh Fhitung sebesar 1.497 pada taraf signifikan 0.226 > 0,05. Kriteria pengujian : (α = 0,05). Jika sig > 0,05 maka H0 = ditolak dan H1 = diterima, dan Jika sig < 0,05 maka H1 = ditolak dan H0 = diterima. . Dari uji anova dua jalur diatas artinya bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti tidak ada perbedaan pemahaman konsep fisika antara penerapan model pembelajaran Scientific Inkuiri dan PBL.

Sedangkan pada hipotesis kedua berdasarkan tabel analisis uji anava dua jalur di atas, maka diperoleh Fhitung sebesar 90.565 pada taraf signifikan 0,000 < 0,05. Kriteria pengujian : (α = 0,05). Jika sig > 0,05 maka H0 = ditolak dan H1 = diterima, dan Jika sig < 0,05 maka H1 = ditolak dan H0 = diterima. . Dari uji anova dua jalur diatas artinya bahwa H0 diterima dan H1 ditolak, ini berarti ada perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang Self Regulated Learning (SRL) tinggi dan Self Regulated Learning (SRL) rendah.

Dan hipotesis ketiga berdasarkan tabel analisis uji anava dua jalur di atas, maka diperoleh Fhitung sebesar .701 pada taraf signifikan 0.406 > 0,05. Kriteria pengujian : (α = 0,05). Jika sig > 0,05 maka H0 = ditolak dan H1 = diterima, dan Jika sig < 0,05 maka H1 = ditolak dan H0 = diterima. Dari uji anova dua jalur diatas Artinya bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, ini berarti tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran Scientific Inkuiri dan PBL dengan Self Regulated Learning (SRL) terhadap pemahaman konsep belajar fisika siswa.


Ketersediaan
2123574/SB/2016KKI 530 MAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
xii, 87 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pemahaman Konsep
Problem Based Learning
Skripsi
Self Regulated Learning
Scientific Inkuiri
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik