Electronic Resource
Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided inquiry) Dan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas x TPM Di SMK Negeri 01 Singosari
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pemahaman konsep belajar fisika ditinjau dari strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dengan strategi pembelajaran PBL. (2) pengaruh pemahaman konsep belajar fisika ditinjau dari gaya kognitif field independent dengan siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. (3) pengaruh interaksi strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan strategi pembelajaran PBL dengan gaya kognitif terhadap pemahaman konsep belajar siswa
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rencana post-test only control group design. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang pada bulan Desember 2015 dengan subjek penelitian siswa kelas X TPM SMK Negeri 1 Singosari Kabupaten Malang Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 67 siswa, diambil sampel dengan teknik sampling purposive. Kelas TPM 1 sebagai kelas kontrol dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inkuiry) dan kelas TPM 2 sebagai kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran PBL. Data yang dikumpulkan dengan tes pemahaman konsep dan data angket gaya kognitif. Data yang diperoleh dianalisis dengan ANOVA dua jalur (Two Way Anova) ( 2 X 2 ) menggunakan SPSS 16.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar fisika dengan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang belajar fisika dengan startegi pembelajaran PBL ( sig 0.042 ). (2) Terdapat perbedaan pemahaman konsep siswa antara siswa yang mempunyai kemampuan gaya kognitif field independent dan siswa yang mempunyai kemampuan gaya kognitif field dependent (sig1,014). (3) Tidak ada pengaruh interaksi pembelajaran inkuiri terbimbing dan PBL dengan gaya kognitif terhadapan pemahaman konsep (sig 0,411).
2123370/SB/2016 | KKI 530 HEB p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain