Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016

Electronic Resource

Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Ular Tangga Pada Pembelajaran IPA Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Malang Tahun Pelajaran 2015/2016

Reva Maria Debora - Nama Orang; Drs. Sutrisno, M.T - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 17 Malang khususnya pada mata pelajaran IPA (Fisika), dari 35 siswa dalam satu kelas ada 23 siswa yang tidak bersemangat saat pelajar IPA dimulai karena dianggap sebagai pelajaran yang sangat membosankan bagi siswa. Sehingga dalam proses pembelajaran, siswa tersebut kurang menyenangi pelajaran IPA (Fisika) yang mengakibatkan prestasi belajarnya juga menjadi kurang baik. Berdasarkan kondisi seperti ini maka diperlukan pemilihan metode yang tepat untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media media permainan ular tangga.Dalam pembelajaran ini ada sebuah permainan akademik yang membuat siswa itu senang sehingga tidak merasa sedang belajar tetapi bermain, karena siswa sangat menyukai segala hal yang berhubungan dengan permainan.Permainan ular tangga dipilih karena permainan ini familiar dan mudah dimainkan.
Tujuan dari penelitian ini adalah: mengetahui (1) keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media permainan ular tangga dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa (2) peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VIII dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media permainan ular tangga, dan (3) peningkatan prestasi belajar siswa kelas VIII dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media permainan ular tangga.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIH SMP Negeri 17 Malang sebanyak 35 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisi data dilakukan secara deskritif kualitatif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran siklus I (77.95%) dan siklus II (90.5%), dengan perbandingan presentase keaktifan belajar siswa pada siklus I (69%) dan siklus II (82%), dengan perbandingan rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus I (70.85) dan siklus II (80).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media permainan ular tangga dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA (Fisika) siswa kelas VIIIH SMP Negeri 17 Malang.


Ketersediaan
2123314/SB/2016KKI 530 DEB m/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 DEB m/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
xiii, 84 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Keaktifan belajar
Prestasi Belajar.
Skripsi
media permainan ular tangga
Pembelajaran IPA (Fisika)
Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik