Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Wrod Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Subtema Pengelolaan Sumber Daya Alam Siswa Kelas VIII .A SMP PGRI 02 Lawang Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Wrod Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Subtema Pengelolaan Sumber Daya Alam Siswa Kelas VIII .A SMP PGRI 02 Lawang Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015

Petrus Stephanus Nilo Welan - Nama Orang; Endang Surjati, S.Si., M.Pd. - Nama Orang; Roni Alim Ba’diyah Kusuma, M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas VIII.A menyatakan bahwa, penurunan hasil belajar pada mata pelajaran IPS tersebut disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang optimal. Pembelajaran yang kurang optimal ini dilihat dari keaktivitan siswa yang belum menonjol, dimana siswa masih sibuk berbicara sendiri dan menggangu teman selain itu juga kebanyakan guru masih menerapkan metode ceramah yang membuat murid menjadi jenuh. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang diterapkan. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas VIII.A SMP PGRI 02 Lawang. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII.A SMP PGRI 02 Lawang dengan menggunakan metode Word Square. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan sub-sub tema Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Siklus II dengan sub-sub tema Peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP PGRI 02 Lawang yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan rata –rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 71,85, pada siklus I sebesar 75,35, dan pada siklus II mencapai 90,65. Sedangkan nilai ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar 50%, siklus I sebesar 55% , dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.A SMP PGRI 02 Lawang Tahun Pelajaran 2014/2015.


Ketersediaan
2121955/SB/2015KKI 910 NIL p/SPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 NIL p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Word Square
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik