Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Wrod Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Subtema Pengelolaan Sumber Daya Alam Siswa Kelas VIII .A SMP PGRI 02 Lawang Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas VIII.A menyatakan bahwa, penurunan hasil belajar pada mata pelajaran IPS tersebut disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang optimal. Pembelajaran yang kurang optimal ini dilihat dari keaktivitan siswa yang belum menonjol, dimana siswa masih sibuk berbicara sendiri dan menggangu teman selain itu juga kebanyakan guru masih menerapkan metode ceramah yang membuat murid menjadi jenuh. Oleh karena itu perlu dilakukan perubahan terhadap metode pembelajaran yang diterapkan. Dalam hal ini, peneliti menerapkan model pembelajaran Word Square untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa Kelas VIII.A SMP PGRI 02 Lawang. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII.A SMP PGRI 02 Lawang dengan menggunakan metode Word Square. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Siklus I dengan sub-sub tema Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Siklus II dengan sub-sub tema Peran kelembagaan dalam pengelolaan SDA. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.A SMP PGRI 02 Lawang yang berjumlah 20 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan rata –rata hasil belajar siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 71,85, pada siklus I sebesar 75,35, dan pada siklus II mencapai 90,65. Sedangkan nilai ketuntasan minimal sebelum tindakan sebesar 50%, siklus I sebesar 55% , dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII.A SMP PGRI 02 Lawang Tahun Pelajaran 2014/2015.
2121955/SB/2015 | KKI 910 NIL p/S | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain