Penerapan pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa (planted question) ini membantu guru dalam merangsang pikiran siswa untuk bertanya. Membantu siswa agar berani berbicara dikelas saat pembelaja…
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Singosari khususnya pada mata pelajaran IPS dari 34 siswa, dalam satu kelas sebagian dari siswa yang menganggap pelajaran IPS sebagai pelajaran yang sang…
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), PTK dilaksanakan melalui proses pengkajian bertahap yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jumlah …
Berdasarkan pengamatan dan observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang dilakukan guru masih menggunakan model pembelaja…
Pendidikan bagi umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat untuk bisa bertahan (survive) dan berhasil dalam menghadapi setiap masalah atau tantangan-tantangan dalam…
Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran dengan membagi siswa ke dalam kelompok kecil dengan tingkat kemampuan berbeda. Salah satu dari model pembelajaran kooperatif yang mampu mengatasi masa…
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di kelas VIII.A menyatakan bahwa, penurunan hasil belajar pada mata pelajaran IPS tersebut disebabkan oleh proses pembelajaran yang kurang o…