Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-F Pada Materi Lingkungan Hidup Dan Pelestariannya Di SMP Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang
Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Singosari khususnya pada mata pelajaran IPS dari 34 siswa, dalam satu kelas sebagian dari siswa yang menganggap pelajaran IPS sebagai pelajaran yang sangat membosankan. Sehingga dalam proses pembelajaran, siswa tersebut kurang menyukai dan semangat dalam mengikuti pelajaran IPS sehingga berakibat pada hasil belajarnya. Selain itu siswa cenderung lebih suka bermain dengan teman atau berbicara sendiri, ramai dan kurang memperhatikan guru .Berdasarkan kondisi seperti ini maka diperlukan pemilihan metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) Karena dalam pembelajaran ini siswa akan menjadi senang dan antusian mengikuti pembelajaran seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams games tournament) di SMP Negeri 2 Singosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar dari nilai awal (69,4), siklus I (76,3) dan siklus II (81,6), dengan ketuntasan belajar dikeadaan awal (44,11%), siklus I (67.64%) dan siklus II (85,29%) dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams games tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-F di SMP Negeri 2 Singosari pada materi Lingkungan Hidup dan Pelestariannya.
21345613/SB/2023 | KKI 910 FAK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain