Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-F Pada Materi Lingkungan Hidup Dan Pelestariannya Di SMP Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-F Pada Materi Lingkungan Hidup Dan Pelestariannya Di SMP Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang

Fakhruddin - Nama Orang; Dra. Siti Halimatus Sakdiyah, S.Pd., M.Pd. - Nama Orang; Roni Alim Ba’diyah Kusuma, M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 2 Singosari khususnya pada mata pelajaran IPS dari 34 siswa, dalam satu kelas sebagian dari siswa yang menganggap pelajaran IPS sebagai pelajaran yang sangat membosankan. Sehingga dalam proses pembelajaran, siswa tersebut kurang menyukai dan semangat dalam mengikuti pelajaran IPS sehingga berakibat pada hasil belajarnya. Selain itu siswa cenderung lebih suka bermain dengan teman atau berbicara sendiri, ramai dan kurang memperhatikan guru .Berdasarkan kondisi seperti ini maka diperlukan pemilihan metode yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) Karena dalam pembelajaran ini siswa akan menjadi senang dan antusian mengikuti pembelajaran seperti ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams games tournament) di SMP Negeri 2 Singosari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar dari nilai awal (69,4), siklus I (76,3) dan siklus II (81,6), dengan ketuntasan belajar dikeadaan awal (44,11%), siklus I (67.64%) dan siklus II (85,29%) dari 34 siswa. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT(Teams games tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-F di SMP Negeri 2 Singosari pada materi Lingkungan Hidup dan Pelestariannya.


Ketersediaan
21345613/SB/2023KKI 910 FAK p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 FAK p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Hasil Belajar IPS
Pembelajaran Kooperatif
Skripsi
Penerapan Pembelajaran
Tipe TGT (Teams Games Tournament)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik