Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Pada Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Interaksi Manusia Dengan Lingkungan Alam Kelas VII A SMP PGRI 6 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), PTK dilaksanakan melalui proses pengkajian bertahap yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Jumlah siklus yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 2 Siklus. Pada siklus I materi yang diberikan adalah Dinamika interaksi manusia dengan lingkungan. Pada siklus II materi yang diberikan adalah Interaksi manusia dengan lingkungan alam. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) Observasi awal menunjukkan, siswa kelas VII-A SMP PGRI 6 Kota Malang merupakan kelas yang tergolong unggulan dimana siswanya mempunyai rata-rata nilai tertinggi dari kelas VII lainya, namun masih ada berbagai kekurangan yaitu minat dan hasil belajar dikelas yang masih tergolong rendah. Dimana pada saat guru menjelaskan materi, ada siswa yang tidak memperhatikan, ada yang bercerita sendiri, dan ada yang tidur di dalam kelas. Hal ini terjadi karena proses pengajaran yang dilakukan oleh guru tidak menarik minat belajar siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil pengamatan menunjukkan bahwa pada setiap materi yang diberikan tes berupa tertulis maupun lisan para siswa kebanyakan tidak bisa menyelesaikanya dengan baik hal ini dapat dilihat dari hasil belajar yang didapat yaitu dari 27 siswa hanya 8 siswa saja yang mampu mendapat nilai di atas KKM yaitu 75, siswa yang tuntas mampu mendapat nilai 80-95 sedangkan 19 siswa lainnya yang tidak tuntas hanya mampu mencapai nilai 30-70. Data minat belajar IPS siswa pada siklus I menunjukan bahwa penskoran tingkat keberhasilan minat belajar siswa hanya mencapai 17,2 dari 27 siswa. Sedangkan pada siklus II minat belajar mencapai skor 33,7 dari 27 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa siklus I yaitu 63,74% (kategori cukup) dan dapat diketahui bahwa rata-rata nilai tes mencapai 77,6% (dikategorikan baik) dengan selisih nilai antara siklus I dan siklus II yaitu 13,8. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation (GI) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.
2121848/SB/2015 | KKI 910 ARM p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain