Electronic Resource
Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) Di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015
Pemilihan model pembelajaran yang tepat sangat menentukan kualitas proses pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi bahwa pelajaran matematika yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang kelas X TKJ 3 masih rendah, ini terlihat dari proses pembelajaran yang guru masih menjadi pusat perhatian, peran guru yang terlalu dominan yang berakibat kondisi kelas menjadi pasif. Dewasa ini telah banyak dikembangkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dalam proses pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif, diantaranya adalah Student Teams Achievement Division (STAD), Team Assisted Individualy (TAI), Teams Games Tournaments (TGT), Group Investigation (GI), Numbered Head Together (NHT), dan lain-lain. Salah satu model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan keaktifan dan interaksi di antara siswa untuk saling memotivasi dan membantu dalam menguasai materi pelajaran adalah model TGT. Model ini mempunyai ciri yang membedakan dengan model-model pembelajaran kooperatif lainnya, yaitu adanya turnamen. Hal ini yang membuat siswa tidak bosan dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga siswa dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang Tahun Pelajaran 2014/2015? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbentuk tindakan kelas yang dirancang dalam suatu siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ 3 SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi Kabupaten Malang tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan, angket siswa, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif..
2121637/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain