Electronic Resource
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Student Teams Achivement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMPK Petra Malang Tahun Ajaran 2014/2015
Rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika bukan semata-mata karena materi yang sulit, tetapi juga bisa disebabkan oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan. Faktor yang juga ikut mempengaruhi adalah faktor penyampaian materi atau metode pembelajaran matematika yang digunakan oleh guru di Sekolah. Berdasarkan hasil observasi dan informasi yang didapat dari guru bidang studi matematika, bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran matematika di SMPK Petra Malang adalah metode konvensional dengan metode ceramah dan demonstrasi sebagai metode utama yang menyebabkan siswa bersikap pasif. Pada proses pembelajaran kemampuan siswa hanya tampak dalam menghafal rumus-rumus sehingga tidak memahami secara mendalam substansi materinya. Hal ini akan menyebabkan kesulitan bagi siswa dalam menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan masalah nyata yang akan berdampak juga pada hasil belajar setiap siswa. Kesulitan lain yang akan timbul adalah siswa kurang mampu berperan aktif dalam mengemukakan ide-ide atau gagasan dan kurang berinteraksi baik antar siswa dengan guru maupun siswa dengan siswa. Kondisi ini menyebabkan kemampuan berpikir siswa tidak berkembang karena siswa tidak dilibatkan dalam perolehan pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan deskripsi dari penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) berbasis Student Teams Achievement Divisions (STAD) dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa.
2121605/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain