Electronic Resource
Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Di SMP KARTIKA IV-9 Malang
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh siswa sekolah dasar sampai siswa sekolah menengah atas. Mata pelajaran matematika pada sekolah menengah pertama bertujuan agar siswa memiliki kemampuan memahami konsep matematika, menjelaskan keterkaitan antar konsep, dan mengaplikasikan konsep tersebut dalam pemecahan masalah. Ruang lingkup mata pelajaran matematika pada sekolah menengah pertama salah satunya adalah, perbandingan yang dipelajari siswa kelas VII. Salah satu usaha yaitu memperbaiki kualitas pembelajaran. Penelitian yang akan dilaksanakan ini berfungsi sebagai usaha membantu guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dan menangani permasalahan yang dihadapi siswa pada materi perbandingan. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran penemuan terbimbing pada materi perbandingan dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar matematika siswa SMP Kartika IV-9 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas dengan teknik pengumpulan data melalui pemberian tes, ngamatan/observasi, wawancara dan catatan lapangan. Tahap analisis data meliputi mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan serta verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi ketekunan pengamatan, tringulasi data, dan pemekrisaan teman sejawat. Penelitian dilaksanakan di SMP Kartika IV-9 Malang dengan subyek penelitian adalah kelas VIIC sebanyak 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode penemuan terbimbing terbukti dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.
2121249/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain