Electronic Resource
Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Metode Penemuan Terbimbing Dengan Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Kubus Dan Balok
Materi kubus dan balok banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, penguasaan terhadap materi kubus dan balok perlu ditanamkan pada siswa. Meskipun demikian, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa penguasaan siswa terhadap materi kubus dan balok masih cukup rendah. Siswa cenderung menghafal rumus luas permukaan serta volume kubus dan balok. Siswa tidak diberi kesempatan untuk menemukan sendiri rumus luas permukaan serta volume kubus dan balok. Oleh karena itu diperlukan usaha yang serius dalam membangun penguasaan siswa terhadap rumus luas permukaan serta volume kubus dan balok, juga dalam meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan metode penemuan terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan langkah-langkah pembelajaran dengan metode pembelajaran penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada materi kubus dan balok siswa kelas VIIIB MTs. Mambaul Huda Banjarsari Ngajum. (2) Mendeskripsikan peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIIIB MTs. Mambaul Huda Banjarsari Ngajum setelah mengikuti pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing pada materi kubus dan balok Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIII B MTs. Mambaul Huda Banjarsari Kec. Ngajum. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTs. Mambaul Huda Banjarsari Kec. Ngajum terbagi dalam tiga tahap pembelajaran, yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran, memotivasi siswa tentang pentingnya materi kubus dan balok, mengingatkan kembali materi prasyarat, dan pembentukan kelompok, (2) tahap inti meliputi pelaksanaan investigasi oleh kelompok dan presentasi hasil diskusi, dan (3) tahap akhir meliputi kesimpulan dan evaluasi. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing pada materi kubus dan balok sangat positif.
2121248/SB/2015 | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain