Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Rekayasa (Planted Question) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Pada Pembahasan Mobilitas Penduduk Di Kelas VII C SMP Negeri 2 Pakisaji Malang
Penerapan pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa (planted question) ini membantu guru dalam merangsang pikiran siswa untuk bertanya. Membantu siswa agar berani berbicara dikelas saat pembelajaran, seperti mengungkapkan pendapat, menyampaikan pertanyaan, dan menanggapi argumen teman. Pembelajaran aktif ini membantu guru untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar yang dicapai siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari pembelajaran siswa di kelas VII C SMP Negeri 2 Pakisaji Kabupaten Malang. Teknik pengumpulan data menggunakan data observasi, data hasil belajar, dan data temuan lapangan. Data yang dikumpulkan berupa skor kriteria keberhasilan dan catatan lapangan yang berkaitan dengan siswa saat pembelajaran. Hasil analisis yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) kriteria keberhasilan proses, berupa: observasi kegiatan guru dan observasi kegiatan siswa. (2) kriteria keberhasilan hasil, berupa: observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar berupa lembar kerja siswa (LKS). Dari kedua kriteria tersebut, maka akan diperoleh hasil keterlaksanaan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan kesimpulan, maka dikemukakan saran-saran sebagai berikut: (1) bagi siswa hendaknya tidak perlu merasa minder dan takut salah untuk mengungkapkan pendapat ataupun menyampaikan pertanyaan didepan kelas. (2) bagi guru dalam mengajar hendaknya menerapkan pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa (planted question) dalam setiap pembelajaran yang dilakukan, agar pembelajaran tidak terasa membosankan dan membantu siswa meningkatkan minat untuk bertanya. Dan (3) bagi peneliti selanjutnya, mengingat adanya keterbatasan dalam penelitian ini maka diharapkan kepada peneliti selanjutnya untuk membahas lebih jelas tentang penerapan pembelajaran aktif tipe pertanyaan rekayasa (planted question) dalam mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
2121240/SB/2015 | KKI 910 UMA p | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain