Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII-C SMP PGRI 01 Pakisaji

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII-C SMP PGRI 01 Pakisaji

Skolastika Amu Koten - Nama Orang; Drs.Triwahyudianto, S.Pd., M.Si. - Nama Orang; Roni Alim Ba’diyah Kusuma, M.Pd. - Nama Orang;

Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran dengan membagi siswa ke dalam kelompok kecil dengan tingkat kemampuan berbeda. Salah satu dari model pembelajaran kooperatif yang mampu mengatasi masalah hasil belajar pada siswa adalah model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Model pembelajaran ini merupakan model pembelajaran yang melibatkan aktifitas seluruh siswa yaitu berpikir, berpasangan atau bertukar pendapat dengan teman dan berbagi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan dalam 2 siklus. Jenis data pada penelitian ini bersumber langsung dari subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII.C PGRI 01 Pakisaji Kabupaten Malang, Sebanyak 27 siswa. Materi pelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Tema II Keunggulan Lokasi dan Masyarakat Indonesia”. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar test, lembar observasi, catatan lapangan, dan dokumenter. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Tihnk Pair Share dapat meningkatan hasil belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan perolehan skor tes hasil belajar. Model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pelaksanaannya Berdasarkan hasil tes belajar siswa secara keseluruhan pada siklus I dan II hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22 % yaitu pada siklus I 63% naik menjadi 85%. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran cooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatan dan hasil belajar siswa kelas VIII.C SMP N 1 Pakisaji Kabupaten Malang. Dari hasil penelitian ini, disarankan kepada guru pengajar mata pelajaran IPS khususnya pada guru geografi dapat memberikan pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan mengelolah kelas yang lebih kondusif dan inovatif sehingga suasana kelas lebih menarik dan tidak membosankan pada siswa. Bagi peneliti lain, sebaiknya melaksanaksanakan peneliti berulang ulang kali agar padamateri yang berbeda sehingga hasil belajar dapat meningkat dengan maksimal.


Ketersediaan
2121221/SB/2015KKI 910 KOT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 KOT p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
TPS (Think, Pair, and Share)
Skripsi
Model Pembelajaran Think Pair Share
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik