Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Sub Tema II MAteri Mobilitas Penduduk Antar Wilayah di Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa VII D SMP Negeri 7 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Pada Sub Tema II MAteri Mobilitas Penduduk Antar Wilayah di Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa VII D SMP Negeri 7 Malang

Maria Suminarti - Nama Orang; Drs.Triwahyudianto, S.Pd., M.Si. - Nama Orang; Roni Alim Ba’diyah Kusuma, M.Pd. - Nama Orang;

Pendidikan bagi umat manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat untuk bisa bertahan (survive) dan berhasil dalam menghadapi setiap masalah atau tantangan-tantangan dalam kehidupan sehari-hari, masa kini dan masa yang akan datang. Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh setiap warga Negara Indonesia, karena pendidikan dapat menciptakan manusia yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VII D terutama pada materi mobilitas penduduk antar wilayah di Indonesia dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan empat komponen yakni: rencana (planning), tindakan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 7 Malang dengan jumlah 34 siswa, dengan jumlah siswa laki-laki 15 siswa dan siswa perempuan 19 siswa. Instrument penelitian ini mencakup angket atau kuesioner, soal tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Hasil siklus I minat siswa mencapai taraf keriteria siswa kurang minat yaitu 71,66%, akan tetapi setelah dilaksanakan lagi pada siklus II minat siswa mengalami peningkatan memenuhi keriteria siswa sangat minat yakni 93,33%. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar siswa dengan keriteria sedang yakni 67,64% akan tetapi setelah dilaksanakan lagi pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan keriteria baik yakni 82,35%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Negeri 7 malang pada sub tema II materi mobilitas penduduk antar wilayah di Indonesia.


Ketersediaan
2121213/SB/2015KKI 910 SUM pPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 910 SUM p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Geografi - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
910
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Minat
Skripsi
Jigsaw
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik