Electronic Resource
Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPS Sub Tema II Dinamika Kependudukan Dan Pembangunan Nasional Dengan Menggunakan Media Gambar Cetak Dan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Siswa Kelas VIII.C SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang
Berdasarkan pengamatan dan observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang, pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang dilakukan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan pembelajaran berpusat pada guru.Berdasarkan data dokumen dari guru pengampu mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) nilai ulangan semester genap pada tahun 2013 yang mendapatkan nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 76. Dari 33 siswa kelas VIII.C yang terdiri dari 15 siswa laki- laki dan 18 siswa perempuan, hanya 14 siswa yang mencapai ketuntasan, atau hanya 43% sedangkan siswa yang tidak tuntas berjumlah atau 57%. Berdasarkan inidikator diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan akitivitas dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran dengan menggunakan media gambar cetak dan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas 8.c Smp Negeri 1 Pakisaji Kabupaten Malang. Sehingga penelitian ini diharapkan mampu memberikan inovasi baru terhadap pembelajaran di Smp Negeri I Pakisaji. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang istilah dalam bahasa Inggrisnya adalah Clasroom Action Research (CAR). Penelitian ini menggunakan pendekatan dengan model Kemis dan McTaggart. Dalam model ini ada beberapa tahapan yang dilakukan diantaranya : a) perencanaan, b) pelaksanaan, c) pengamatan, d) refleksi. Penerapan media gambar cetak dan model pembelajaran discovery learing mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan siswa mengalami peningkatan aktivitas belajar siswa yaitu pada siklus I adalah 56% dengan kriteria kurang terlaksana dan pada siklus II adalah 71 %. Mengalami peningkatan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I dengan rata-rata skor adalah 87 dengan kriteria ketuntasan baik dan pada siklus II dengan rata-rata skornya 93 dengan kriteria ketuntasan sangat baik.
2120568/SB/2015 | KKI 910 Qad p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain