Electronic Resource
Perbedaan Strategi Pembelajaran Diri Inkuiri Terbimbing (GUIDE INQUIRI) Dan Inkuiri Terbuka (OPEN INQUIRY) Di Tinjau Dari SRL (Self Regulated Learning) Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA NEGERI 6 MALANG Tahun Pelajaran 2014/2015
Hasil data dalam Education For All (EFA) Global Monitoring Report 2011: The Hidden Crisis, Armed Conflict and Education berdasarkan data tahun 2008 adalah 0,934. Nilai itu menempatkan Indonesia di posisi ke-69 dari 127 negara di dunia. Kurikulum 2013 yang berbasis pendidikan berkarakter bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan siswa yang belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbuka. (2) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang memiliki self regulated learning tinggi dengan siswa yang memiliki self regulated learning rendah. (3) Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri ditinjau dari self regulated learning terhadap prestasi belajar fisika.
Rancangan penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 6 Malang tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 144 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling purposive dengan jumlah sampel 70 siswa yang tebagi menjadi dua kelas yaitu kelas X-MIA 2 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-MIA 3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data menggunakan metode test untuk prestasi belajar dan pengisian angket untuk mengukur self regulated learning yang dimiliki siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis anova dua jalur menggunakan SPSS 16.0 for Windows dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan siswa yang belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbuka. (2) Ada perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang memiliki self regulated learning tinggi dengan siswa yang memiliki self regulated learning rendah. (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dan self regulated learning terhadap prestasi belajar fisika.
2120394/PB/2015 | KKI 530 AYU p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain