Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Perbedaan Strategi Pembelajaran Diri Inkuiri Terbimbing (GUIDE INQUIRI) Dan Inkuiri Terbuka (OPEN INQUIRY) Di Tinjau Dari SRL (Self Regulated Learning) Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA NEGERI 6 MALANG Tahun Pelajaran 2014/2015

Electronic Resource

Perbedaan Strategi Pembelajaran Diri Inkuiri Terbimbing (GUIDE INQUIRI) Dan Inkuiri Terbuka (OPEN INQUIRY) Di Tinjau Dari SRL (Self Regulated Learning) Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA NEGERI 6 MALANG Tahun Pelajaran 2014/2015

Rahmawati Ayuningtiyas - Nama Orang; Drs. Sutrisno, M.T - Nama Orang; Drs. Sholikhan, S.Si, M.Pd - Nama Orang;

Hasil data dalam Education For All (EFA) Global Monitoring Report 2011: The Hidden Crisis, Armed Conflict and Education berdasarkan data tahun 2008 adalah 0,934. Nilai itu menempatkan Indonesia di posisi ke-69 dari 127 negara di dunia. Kurikulum 2013 yang berbasis pendidikan berkarakter bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan siswa yang belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbuka. (2) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang memiliki self regulated learning tinggi dengan siswa yang memiliki self regulated learning rendah. (3) Untuk mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri ditinjau dari self regulated learning terhadap prestasi belajar fisika.
Rancangan penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 6 Malang tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 144 siswa. Sampel diambil dengan teknik sampling purposive dengan jumlah sampel 70 siswa yang tebagi menjadi dua kelas yaitu kelas X-MIA 2 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan X-MIA 3 berjumlah 36 siswa sebagai kelas control. Teknik pengumpulan data menggunakan metode test untuk prestasi belajar dan pengisian angket untuk mengukur self regulated learning yang dimiliki siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis anova dua jalur menggunakan SPSS 16.0 for Windows dengan taraf signifikasi 5%. Hasil penelitian ini adalah (1) Ada perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dengan siswa yang belajar fisika menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbuka. (2) Ada perbedaan prestasi belajar fisika, antara siswa yang memiliki self regulated learning tinggi dengan siswa yang memiliki self regulated learning rendah. (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran inkuiri dan self regulated learning terhadap prestasi belajar fisika.


Ketersediaan
2120394/PB/2015KKI 530 AYU p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 AYU p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2015
Deskripsi Fisik
xv, 155 hlm, 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik