Electronic Resource
Implementasi Pembelajaran Dengan Pendekatan Reciprocal Teaching Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Untuk Mata Pelajaran Ekonomi
Keberhasilan dalam pembelajaran dapat ditunjukan dengan adanya berbagai hal, yang diantaranya adanya motivasi belajar, kemandirian belajar dan hasil belajar yang baik. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi terbentuknya hal-hal tersebut, diantaranya adalah metode atau model belajar. Dibutuhkan suatu metode atau model pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran yang diinginkan bisa tercapai. Palinscar dan Brown mengembangkan suatu pendekatan kontruktivistik yang berdasarkan pada prinsip-prinsip pembuatan atau pengajuan pertanyaan yaitu Reciprocal Teaching atau pembelajaran terbalik. Diharapkan dengan mengunakan metode ini nantinya masalah pembelajaran dapat teratasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendekatan Reciprocal Teaching terhadap motivasi belajar, kemandirian belajar dan hasil belajar. Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan hasil yang diperoleh dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Sehingga nantinya didapat hasil yang lebih terbaik dari pembelajaran dengan pendekatan Reciprocal Teaching atau non perlakuan.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi yang terdiri dari 114 siswa. Dari populasi yang terbagi dalam tiga kelas (kelas PB 1, 2, dan 3), diambil sampel dengan mengunakan teknik purposive sampling. Diperoleh sampel 2 kelas (kelas PB 2 dan PB 3) sebanyak 84 siswa. Data penelitian untuk Reciprocal Teaching, motivasi belajar dan kemandirian belajar dikumpulkan melalui angket, sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui nilai tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis regresi linier sederhana dengan bantuan computer program SPSS 15.00 for windows.
Berdasarkan dari hasil analisis, diketahui bahwa Pendekatan Reciprocal Teaching dapat menaikan motivasi belajar, dengan nilai signifikan sebesar 0,003 dan nilai signifikan perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Sig. 0,009. Didapat pula, Pendekatan Reciprocal Teaching dapat menaikan kemandirian belajar, dengan nilai signifikan sebesar 0,000 dan nilai signifikan perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Sig. 0,000. Kemudian diketahui bahwa Pendekatan Reciprocal Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan pengaruh Sig. sebesar 0,001 dan nilai signifikan perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu Sig. 0,000.
2118789/SB/2015 | KKI 330 BAC i/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain