Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Di SMPN 12 Malang
Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu penyebab rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) . Selain itu, pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat juga merupakan salah satu penyebab kurang aktifnya siswa dalam kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan model pembelajaran yang lebih menekankan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang lebih menekankan keterlibatan aktif siswa yaitu model pembelajaran Talking stick. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran model Talking Stick yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMPN 12 Malang dan untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di SMPN 12 Malang dengan subyek penelitian kelas VIIIA sebanyak 30 siswa. Pelaksanaan tindakan pembelajaran terdiri atas 3 tahap yaitu tahap pendahuluan, tahap kegiatan inti dan tahap penutup. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus. Kemampuan guru dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi guru, aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi siswa, dan data tentang respon siswa terhadap pembelajaran yang diambil pada angket pada akhir siklus II. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: (1) peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa, (2) meningkatkan respon siswa terhadap pembelajaran. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mencapai nilai ≥ 75 sebanyak 25 siswa dari 30 siswa yang mengikuti tes akhir atau sebanyak 83,33% siswa mencapai ketuntasan dan hasil tes akhir Siklus II menunjukkan bahwa banyaknya siswa yang mencapai nilai ≥ 75 sebanyak 30 siswa atau semua siswa yang mengikuti tes akhir atau sebanyak 95% siswa mencapai ketuntasan. Berdasarkan penelitian ini, maka bagi guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dan peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan di sekolah yang lain dan materi yang lain sehingga diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
2116446/SB/2014 | KKI 910 MAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain