Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model TPS (THINKPAIR SHARE) Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMKN 11 MALANG Tahun 2013/2014
Rendahnya pemahaman dan prestasi belajar siswa pada pembelajaran fisika di sekolah memerlukan pendekatan pembelajaran yang tepat. Pembelajaran fisika dapat dilakukan dengan berbagai metode antara lain adalah Pembelajaran Kooperatif. Pembelajaran Kooperatif adalah srategi pembelajaran yang dapat belajar dengan cara bekerja sama dengan teman. Teman yang lebih mampu dapat menolong teman yang lemah. Setiap anggota kelompok tetap memberi sumbangan pada prestasi
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui kualitas proses pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) sehingga dapat meningkatkan prestasi dan berpikir kreatif siswa dikelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMKN 11 Malang Tahun 2013/2014. Untuk mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif
model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa dikelas X TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMKN 11 Malang Tahun 2013/2014. Untuk
mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif model Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dikelas X TKR (Teknik Kendaraan
Ringan) SMKN 11 Malang Tahun 2013/2014. Pada siklus I sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar dangan model pembelajaran Think Pair Shre (TPS). Guru sebagai pengajar belum maksimal dalam menerapkan model pembelajaran tersebut. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi terhadap keterlaksanaan kegiatan pembelajaran siklus I mencapai 79.83 % Sedangkan pada siklus II mencapai 95. 83 %.
Berdasarkan analisis prestasi belajar siswa, nilai rata-rata kelas pra tindakan adalah70.32 dengan persentase siswa yang tuntas 50 %, siklus I adalah 75.06 dengan persentase siswa yang tuntas 77.77 % dan siklus II adalah 78.47 dengan persentase siswa yang tuntas 100%. kemampuan berfikir kreatif,diperoleh
data kemampuan berfikir kreatif, siklus I mencapai 65.31% dan siklus II mencapai 74%.
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi dan berpikir kreatif siswa kelas X TKR SMKN 11 Malang.
2116399/SB/2014 | KKI 530 SUK p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain