Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada SIswa Kelas VA SDN Kebonsari 2 Malang

Electronic Resource

Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Materi Sistem Pencernaan Manusia Melalui Model Pembelajaran Group Investigation pada SIswa Kelas VA SDN Kebonsari 2 Malang

Aldianita Rachmania Apriliastari - Nama Orang; Drs. Edy Susilo, M.Pd - Nama Orang; Dra. Rahaju, M.Pd - Nama Orang;

Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan di SDN Kebonsari 2 Malang, guru dalam proses pembelajaran IPA masih menggunakan metode yang konvensional (ceramah, tanya jawab, dan penugasan). Hal ini menyebabkan prestasi belajar siswa rendah. Oleh karena itu, perlu dilaksanakan perubahan terhadap pendekatan pembelajaran yang diterapkan. Dalam hal ini, peneliti berupaya meningkatkan prestasi belajar materi sistem pencernaan manusia melalui model pembelajaran GI pada siswa kelas VA SDN Kebonsari 2 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah modelpembelajaran GI yang dapat meningkatkan prestasi belajar materi sistem pencernaanmanusia pada siswa kelas VA SDN Kebonsari 2 Malang dan (2) mendiskripsikanbesarnya peningkatan prestasi belajar materi sistem pencernaan manusia pada siswakelas VA SDN Kebonsari 2 Malang setelah mengikuti pembelajaran dengan model GI. Model pembelajaran GI melibatkan siswa belajar dari pengalaman sendiri untuk aktif dalam mencari pengetahuan dan bekerja sama dengan teman lainnya. Sehingga siswa dapat memahami materi sistem pencernaan manusia dengan baik dan prestasi belajarnya dapat meningkat. Prestasi belajar pada penelitian ini merupakan hasil belajar kognitif siswa yang berupa kemampuan siswa dalam menguasai materi sistem pencernaan pada manusia. Prestasi belajar diketahui setelah siswa melakukan tes pada setiap akhir siklus yang dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sumber penelitian adalah siswa kelas VA SDN Kebonsari 2 Malang dengan jumlah 44 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tulis, lembar observasi, catatan lapangan, angket respon siswa dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah model pembelajaran GI yang dapat meningkatkan prestasi belajar adalah: (1) guru membentuk 10 kelompok dengan anggota 4-5 siswa; (2) guru menjelaskan tugas kelompok yang diinvestigasi; (3) setiap kelompok memilih topik melalui; (4) kelompok merencanakan tugas dan kewajiban; (5) siswa melakukan investigasi dengan mencari informasi, menganalisis, dan membuat kesimpulan; (6) setiap kelompok mempresentasikan hasil investigasinya; (7) guru memberikan penegasan setelah siswa melakukan presentasi; (8) guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki skor rata-rata terbaik. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran GI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VA SDN Kebonsari 2 Malang. Hal ini dapat dilihat pada ketuntasan belajar klasikal dari 16 (36,36%) siswa meningkat menjadi 36 (81,81%) siswa. Siswa menjadi semangat dalam belajar, siswa menjadi percaya diri, berani mengungkapkan ide-ide dan pendapat.


Ketersediaan
2116102/SB/2014372 Apr uPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 APR u/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xiv, 248hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Sistem Pencernaan Manusia
GI
Pretasi Belajar
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik